Traveling atau Nikah Dulu? Tips Menikah dengan Hemat

tips menikah hemat
Bagikan ke temanmu:

Jika kalian saat ini sedang memasuki umur 25-30 tahun, pasti pernah atau sedang mengalami quarter-life crisis. Rentang usia yang sakral umur yang sakral bagi banyak orang Indonesia, yang dipercaya telah mencapai tingkat kedewasaannya sebagai manusia. Maka tidak mengherankan jika di usia seperempat abad banyak perubahan dan keputusan besar yang diambil. Salah satu common issue bagi kaula muda yang akan beranjak ke tahap kedewasaan ialah puas-puasin traveling atau nikah dengan orang yang kita cintai?

Kalau menurut gue, kalian bisa memilih keduanya asal ada perencanaan yang matang, sebelum atau setelah menikah. Menikah adalah impian semua pasangan di dunia, siapa yang tidak ingin menghabiskan seluruh hidupnya bersama orang yang tersayang? Kalian sebenarnya masih bisa traveling juga setelah menikah, yang menjadi pertanyaan ialah apa rencana kalian berdua sesudah menikah? Ingin langsung mempunyai momongan? Investasi rumah atau tanah? Memiliki usaha sendiri?

Designed by Freepik

Nah, setelah kalian bicarakan objektif dan perencanaan hidup after marriage, kalian balik lagi ke keadaan sekarang. Apakah kalian sudah melakukan perencanaan finansial yang sudah baik? Mulailaih menyisihkan gaji bulanan kalian untuk tabungan menikah, traveling, atau objektif kehidupan kalian. Mau terima atau engga, uang merupakan salah satu faktor yang penting dalam menjalankan kehidupan bersama pasangan kalian.

Sebelum memulai acara pernikahan, sebenarnya pernikahan seperti apa sih yang diidamkan kalian? Biasanya para calon pengantin perempuan mengidamkan pernikahan yang megah dan bisa membuat dia seperti ratu sehari di acaranya. Tapi, tak sedikit pula perempuan yang lebih mengidamkan momen khidmat dan spiritual dari ritual menikah itu sendiri.

Jika dipikir-pikir, pernikahan itu tidak murah apalagi jika anda ingin menyelenggarakan acara besar. Menabunglah dengan pasangan di rekening bersama. Jika masih kurang untuk biaya pernikahan, kalian bisa cari pinjaman dana cepat di platform online seperti Momaju (https://momaju.id/)

Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian siapkan demi pernikahan hemat dan mewah:

  1. Di dalam pesta pernikahan, biaya sewa gedung adalah salah satu komponen biaya yang paling besar, jadi kalian harus menghilangkannya dari pos pengeluaran. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta di gedung yang sewanya bisa saja mencapai belasan hingga puluhan juta, sebab ini akan menghabiskan lebih dari setengah dana yang kalian miliki.
  2. Penting untuk selektif dalam memilih tamu undangan yang akan menghadiri pesta tersebut, sebab hal ini akan secara langsung mempengaruhi besaran biaya yang akan dikeluarkan nanti. Semakin banyak tamu, tentu biaya yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Hal ini pun bisa mempengaruhi ke biaya catering juga loh.
  3. Murah, tapi jangan yang murahan. Ada banyak undangan yang bisa dipilih bersama pasangan, bahkan meski budget-nya terbatas. Saat ini, harga undangan fisik kisaran di harga Rp2.000,- saja, itu pun sudah cukup baik dan bisa dijadikan sebagai pilihan. Kalian pun bisa menggunakan undangan melalui digital (e-mail, instant messenger), khususnya undangan untuk teman-teman dekat kalian.
  4. Alokasikan juga dana untuk kebutuhan dekorasi, agar pesta berkesan dan terlihat elegan. Atur sendiri dekorasi pesta, termasuk berbagai pernak-pernik serta bunga yag ingin digunakan nantinya. Ini akan jauh lebih hemat, daripada menggunakan jasa dekorasi dari pihak lain.

Itulah beberapa tips yang bisa menekan biaya pernikahan kalian. Sisanya silakan anda sesuaikan sendiri sesuai budget yang kalian miliki. So, apakah dari kalian yang bisa memberikan tips lain, agar kalian bisa menikah dengan pasangan kalian tapi masih bisa tetap jalan-jalan?

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *