Oleh-oleh Makanan Ringan Khas Vietnam

oleh-oleh khas vietnam
Bagikan ke temanmu:

Ada yang pernah ngalamin ga? Ketika kalian mau atau pas lagi jalan-jalan keluar negeri, kadang temen atau keluarga suka nagih oleh-oleh khas negera yang kita kunjungi. Kadang kita pun suka bingung, mau ngasih oleh-oleh apa yang cocok buat mereka. Beli barang, kaos, ataupun cindera mata, takut tidak cocok dan tidak sesuai selera dengan masing-masing orang. Makanan ringan khas negara yang kita kunjungi mungkin bisa jadi solusi alternatif bagi kalian. Berikut rekomendasi oleh-oleh makanan ringan khas Vietnam yang bisa gue rangkum:

1. Kopi Vietnam (Vietnamese Coffee)

Sayang sekali jika kalian liburan ke Vietnam tanpa mencoba kopinya. Ada beberapa kopi kemasan yang bisa kalian beli, seperti G7 Coffee, Nescafe Cafe Viet, ataupun Highland 3in1 Coffee. G7 Coffe merupakan merek kopi kemasan yang terkenal di Vietnam. Kopi yang berkemasan warna merah hitam ini, memiliki rasa seperti Indocafe Coffemix. Sedangkan Nescafe Cafe Viet menawarkan berbagai variasi kopi Vietnam, seperti milk coffe ataupun “ca phe den da” (kopi hitam). Rasa kopi hitamnya sangat berbeda dengan kopi hitam di Indonesia pada biasanya. Memilliki tingkat keasaman yang cukup tinggi, tapi memiliki rasa manis diawal.

Harga satu kemasan box kopi kemasan disekitaran harga 50,000 – 100,000 VND (per 2018), tergantung dari besar kecilnya ukuran kemasan. Kalian bisa menemukan kopi kemasan ini di beberapa supermarket seperti Big C, maupun minimarket dekat dengan pusat tempat wisata di kota-kota Vietnam. Banyak juga para pedagang kaki lima di beberapa Vietnam night market yang menjual kopi kemasan, yang dikhususkan untuk para turis. Cuma gue lebih merekomendasikan untuk beli di Big C, karena harganya sudah fix dan tentunya lebih murah dibandingkan di minimarket ataupun night market.

Kalian pun bisa mencoba beberapa variasi kopi Vietnam yang bisa dicoba di cafe-cafe, seperti coconut coffee ataupun egg coffee. Rasanya pun masih cocok bagi lidah orang yang kurang suka ngopi.

2. Coconut Candy

Coconut candy alias permen kelapa ini awal mulanya dijual di daerah Mekong Delta, dekat Ho Chi Minh City. Tapi bisa kalian dapatkan juga di supermarket terdekat. Gue sendiri beli permen ini di Big C Supermarket. Kadang ada juga pedagang kaki lima jual permen ini. Jika kalian ke Ho Chi Minh City, kalian bisa beli di Ben Than Market ataupun ke night marketnya.

Jika kalian tahu “permen susu” yang pernah kalian makan sewaktu kecil, coconut candy ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan permen susu. Bentuknya balok tipis, yang dimana bungkusan dalamnya bisa kita makan. Namun teksturnya coconut candy ini malah lebih mirip sama dodol Garut, agak chewy, namun lebih keras dibandingkan dodol Garut.

Ada dua jenis varian rasa yang bisa kalian coba, ada rasa durian juga rasa pandan. Kalau gue sendiri lebih suka coconut candy rasa pandan, karena selera pribadi. Gue malah lebih suka makan duren aslinya daripada dalam bentuk olahan. Harga satu bungkus coconut candy ini sekitar 40,000-50,000 VND, tergantung dimana kalian belinya. Usahakan kalian mempunyai space untuk menyimpan permen kelapa ini di bagasi ataupun tas, karena satu bungkus coconut candy memiliki berat sekitar 400-500 gram.

3. Pia Durian

Oleh-oleh Makanan Ringan Khas Vietnam

Pia ataupun bakpia mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Ternyata bakpia bukan hanya ada di Jogja aja loooh, di Vietnam pun ada. Mungkin kalian tidak begitu penasaran dengan pia durian khas Vietnam ini, karena di Indonesia pun banyak bakpia lokal yang jual. Namun tidak ada salahnya untuk mencobanya, karena rasanya lebih legit dibandingkan bakpia lokal.

Lalu beli dimana sih Pia Durian ini? Kalian bisa beli di supermarket terdekat, seperti Big C.

“I love Big C!”

Tapi gue pernah melihat pedagang kaki lima menjual Pia Durian ini di Ben Tanh night market. Pia durian khas Vietnam ini memiliki harga sekitar 40,000-60,000 VND, tergantung kalian belinya dimana.

4. Mie Instan khas Vietnam

Sebagai penikmat mie instan, gue selalu menyempatkan untuk mencoba mie instan dari negara yang pernah gue kunjungi. Begitu pun dengan Vietnam. Kalian bisa mencoba Hao Hao, merek mi instan yang lumayan terkenal di Vietnam. Ada beberapa varian rasa yang bisa kalian coba, seperti chicken soup, shrimp, hingga pork bagi kalian yang non-muslim.

Gue sendiri lebih suka dengan varian rasa chicken soup karena memiliki rasa yang klasik. Sedangkan rasa shrimp soup memiliki rasa yang hampir mirip dengan tom yum Thailand.

Kalian bisa membeli mie instan Hao Hao di minimarket terdekat ataupun di supermarket. Harga satu bungkus mi instan ini sekitar 6,000 – 15,000 VND tergantung dari jenis kemasannya.

5. Dried Fruit

oleh-oleh khas Vietnam

Sama halnya dengan beberapa negara di Southeast Asia, Vietnam terkenal juga dengan dried fruitnya. Kalau di Indonesia, mungkin kota Malang terkenal dengan beberapa olahan dried fruit, seperti buah apel, ubi, ataupun nangka. Di Vietnam pun, dried fruit buah nangka sangat terkenal. Malahan beberapa produk sudah masuk ke supermarket.

Salah satu merek dried fruit di Vietnam ialah Vinamit. Berbungkus warna ungu, Vinamit bisa kalian temukan di beberapa supermarket yang berada di pusat kota-kota Vietnam. Di beberapa pasar tradisional pun, banyak yang jual dried fruit kiloan. Kalian bisa dapatkan satu bungkus Vinamit dengan harga 8,000 VND untuk ukuran 30 gram. Sedangkan untuk ukuran yang lebih besarnya, kalian harus merogoh kocek sekitar 30,000 – 60,000 VND.

6.Marou Chocolate

oleh-oleh khas vietnam

Marou chocolate, atau merek lengkapnya Marou Faiseurs de Chocolat, merupakan merek cokelat ternama di Vietnam. Brand coklat ini sudah banyak didistribusikan ke beberapa negara, dari Asia, Eropa, hingga Amerika.

Marou Chocolate ini pertama kali dibuat oleh pasangan Samuel Maruta dan Vincent Mourou di Saigon (Ho Chi Minh City). Kedua orang ini memiliki background yang menarik sebelum terjun ke dunia percokelatan. Samuel Maruta merupakan campuran Prancis-Jepang, meninggalkan pekerjaannya di perbankan karena ingin melakukan sesuatu yang “lebih menyenangkan”. Sedangkan Vincent Mourou rela meninggalkan karier periklanannya yang sukses di San Francisco dan melancong ke Vietnam untuk menemukan dirinya.

Kalian bisa dapatkan satu bungkus kecil Marou Chocolate berukuran 24 gram dengan harga 55,000 VND. Sedangkan untuk ukuran yang 80 gram, bisa kalian tebus dengan harga 105,000 VND (per 2018). Kalian bisa temukan Marou Chocolate di exlusive store yang tersebar di kota-kota besar Vietnam, seperti Ho Chi Minh City, Hanoi, dan Danang. Untuk lokasi pastinya, kalian bisa mengunjungi website marouchocolate.com.

7. Corn Milk dan Lotus Seed Milk

Mungkin sebagian dari kalian pernah mencoba susu kedelai. Tapi sebelumnya, apakah kalian pernah mencoba varian susu yang dicampur dengan rasa jagung? Yap! Kalian bisa mencoba rasa yang unik susu jagung (corn milk) di Vietnam. Selain itu, kalian bisa juga mencoba varian susu yang dicampur biji bunga lotus disini. Gue sendiri lebih suka rasa corn milk ini, rasa hampir mirip dengan bubur jagung jika kalian pernah memakannya.

Sebenarnya agak susah untuk menemukan corn milk ini di supermarket maupun minimart. Kalian bisa menemukannya di Big C ataupun pasar tradisional jika beruntung. Dulu gue beli corn milk ini sewaktu jalan-jalan di Hoi An Ancient Town, ketika sedang berada disalah satu kedai bahn mi. Mungkin kalian bisa temukan corn milk maupun lotus seed milk ini di beberapa warung kecil / tradisional di Vietnam. Satu botol corn milk ini memiliki harga sekitar 10,000 – 15,000 VND.

8. Coca Cola khas Vietnam

Minuman unik yang bisa kalian temukan lagi di Vietnam ialah Coca Cola dengan varian rasa coffee dan rasa ginger (jahe). Kalau gue sendiri lebih suka Coca Cola rasa kopi, karena masih edible dibandingkan rasa jahe. In my opinion, Coca Cola rasa jahe ini malah memiliki rasa seperti jamu berkarbonasi.

Kalian bisa menemukan coke rasa kopi dan jahe ini di Big C atau supermarket besar lainnya. Jika kalian beruntung, kalian bisa menemukannya juga di minimart terdekat. Satu botol coca cola ini diberi harga sekitar 10,000 – 15,0000 VND.

Apakah kalian sedang mencari informasi dan tips traveling lainnya ke Vietnam? Lihat kumpulan artikel lainnya di Panduan Lengkap Wisata di Vietnam

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *