13 Tempat Wisata di Melaka Malaysia [Part 1]

tempat wisata di Melaka Malaysia
Bagikan artikel:

Melaka merupakan salah satu destinasi alternatif ketika mengunjungi Malaysia dan merupakan salah satu destinasi favorit bagi para backpacker dan budget traveler. Selain sisa-sisa bangunan jaman kolonial Portugis dan Belanda yang masih berdiri tegak, Melaka menyajikan banyak tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi. Berikut list rekomendasi tempat wisata di Melaka Malaysia:

1. Jonker Street Night Market

tempat wisata menarik di Melaka - Jonker Street Night Market

Jonker Street merupakan salah satu pecinan yang berada di Melaka. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Melaka Malaysia ini. Jonker Street Night Market buka pada akhir pekan. (Jumat – Minggu) dari jam 6 sore sampai larut malam. Disini kalian bisa membeli jajanan dan makanan lokal khas Melaka, maupun suvenir lokal dengan harga murah, serta melihat hiburan gratis ala pecinan.

Lokasi Jonker Street:

 

2. Bangunan Merah & Stadthuys

tempat wisata menarik di Melaka - Bangunan Merah Stadthuys

Red Square atau sering disebut Bangunan Merah oleh penduduk setempat ini merupakan bekas lokasi pemerintahan Belanda di Melaka sewaktu jaman penjajahan. Sekarang bangunan-bangunan yang berada di Red Square dijadikan museum oleh pemerintahan Malaysia, salah satu bangunan yang dijadikan museum sejarah Melaka ialah Stadthuys. Untung mengunjungi Stadthuys, kalian harus menyiapkan uang sekitar 10 MYR. Selain itu di area ini terdapat gereja yang sering dijadikan objek wisata, yatu Saint Church Melaka. Red Square merupakan lokasi favorit untuk photo-photo di Melaka.

Lokasi Red Square

 

3. St. Paul Hill and Church

tempat wisata menarik di Melaka - St. Paul Hill

Bukit St. Paul ini merupakan bekas pusat pemerintahan di bawah penjajahan Portugis, dan Belanda. Pada zaman penjajahan Belanda, Bukit St. Paul dibangun sebuah gereja, namun gereja St. Paul sekarang sudah rusak diakibatkan serangan Inggris. Disini terdapat makam-makam Belanda yang bisa kalian kunjungi. Bukit St. Paul ini merupakan salah satu lokasi favorit untuk melihat sunset di Melaka.




Lokasi Bukit St. Paul

 

4. Melaka Strait Mosque

tempat wisata menarik di Melaka - mesjid selat melaka

Berada di salah satu pulau komersil, Mesjid Terapung Selat Malaka ini merupakan salah satu tempat wisata menarik di Melaka. Banyak juga wisatawan non-muslim mengunjungi mesjid yang berada di tepi selat Melaka ini. Wisatawan di perbolehkan masuk ke mesjid, asal menggunakan pakaian sopan seperti memakai pakaian tertutup dari badan sampai ke kaki. Sebaiknya kalian menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa kalau mau mengunjungi Mesjid Selat Malaka, karena masih belum ada transportasi umum yang mengantar kalian kesini. Datanglah kesini ketika menjelang sore hari, karena kalian akan melihat sunset yang bagus di Selat Melaka.

Lokasi Melaka Strait Mosque

 

5. Harmony Street

tempat wisata menarik di Melaka - harmony street
Harmony Street ini merupakan sebuah sebutan untuk Jalan Tukang Emas di Melaka, dekat Jonker Walk. Kenapa? Karena di sepanjang jalan ini terdapat 3 buah tempat ibadah yang berbeda dan juga tertua di Melaka, yang letaknya sangat berdekatan, hanya berjarak sekitar 200-300m. Terdapat Masjid Kampung Kling untuk tempat beribadah umat muslim, Sri Poyatha Moorthi Temple untuk tempat beribadah umat Hindu, dan vihara Cheng Hoon Teng untuk tempat beribadah umat Buddha. Walaupun jaraknya begitu berdekatan, masing-masing orang saling menghormati kepercayaannya masing-masing. Tiap tempat ibadah bisa kalian kunjungi, asal berpakaian dengan sopan.
Lokasi Harmony Street


 

6. Menara Taming Sari

tempat wisata menarik di Melaka - menara taming sari

Menara Taming Sari merupakan menara pandang setinggi 110 meter yang terletak di Bandar Hilir, Melaka. Menara putar jenis Gyro ini, bisa membuat kita melihat pemandangan kota Melaka dari atas dan berbagai arah. Menara Taming Sari merupakan salah satu lokasi favorit untuk melihat sunset di Melaka, biasanya antrian sangat panjang ketika menjelang sore hari. Harga tiket masuknya sekitar 23 MYR.

Lokasi Menara Taming Sari

Bagaimana sih caranya dan transportasi menuju Melaka? Kalian bisa baca artikel gue berikut :
Cara dan Transportasi Menuju ke Melaka dari Kuala Lumpur

13 Tempat Wisata Menarik dan Things To Do di Melaka
Part 1 | Part 2

 

Kalian bisa baca juga keseruan solo traveling gue ke Melaka Malaysia di artikel berikut :
Solo Traveling Pertama ke Melaka Malaysia

You may also like

11 Komentar

  1. jika kita ingin berkunjung apakah tersdia trevel yg husus mengtarkan kita ke wisata melaka…?
    karna saya adalah orang yang gak pernah keluar dari daerah tempat tinggal saya .
    saya takut penipuan dan gak nyampek di sana..

      1. Halo Mba Gita,

        Wisata malam paling kulineran aja mba, bisa coba makan tandoori chicken pak putra.
        Atau bisa jg naik melaka river cruise sewaktu malam. Soalnya sungai melaka sangat bagus pada waktu malam hari.

    1. Kalo dr interest pribadi, saya lebih suka nyoba makanan khas suatu daerah, jonker Street Night Market salah satu attraction favorit saya.
      Soalnya disini saya bisa nyicip jajanan maupun masakan khas Melaka.
      Kalo untuk attraction wajib dikunjungi, mba harus mengunjungi daerah Bangunan Merah. Disana Mba bisa berswafoto dengan bangunan khas Melaka. Bisa jadi bukti bahwa mba pernah ke Melaka haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *