6 Objek Wisata Alam di Jogja Bernuansa Petualangan

wisata alam di jogja - light of heaven

Siapa bilang Jogja hanya menyediakan wisata sejarah, budaya, dan wisata kulinernya. Jogja pun memiliki alam yang indah yang patut kalian nikmati. Banyak sekali objek wisata alam di Jogja yang menantang kalian untuk menguji adrenalin. Berikut objek wisata alam di Jogja yang bernuansa Adventure yang coba gue rangkum :

1. Goa Jomblang

objek wisata alam di jogja

Goa Jomblang merupakan salah satu objek wisata alam di Jogja yang menawarkan nuansa petualangan. Goa Jomblang menawarkan light of heaven di dalam perut bumi yang bisa menjadi objek photography yang keren dan instagramable. Untuk mendapatkan objek photography yang hits satu ini, kalian harus berani untuk turun ke dasar goa dari ketinggian sekitar 70 meter dengan hanya menggunakan tali. Suasana yang gelap, sepi, dan udara yang lembab akan menambah sensasi ketegangan yang bisa membuat kalian berteriak. Tapi tenang saja, ada pemandu ahli dan peralatan khusus agar para wisatawan bisa menikmati keindahan Goa Jomblang dengan aman.

Di dasar Goa Jomblang, kalian akan menyusuri hutan purba dan juga berjalan di dalam goa yang sangat gelap. Hati-hati jika kalian pergi ke Goa Jomblang setelah hujan, karena tanahnya menjadi licin. Ketegangan dan ketakutan saat turun ke dasar goa akan dibayar lunas dengan pemandangan “cahaya surga” yang menakjubkan.

The Miners. . . #yuntiwajournal

A post shared by Yuntiwa R (@yuntiwa) on

Biasanya ada beberapa agen wisata di Yogyakarta yang menawarkan paket ke Goa Jomblang. Harga paketnya mulai dari 450 ribu IDR, itu sudah termasuk pemandu, peralatan, dan transportasi. Biasanya pengunjung ke Goa Jombalng dibatasi 40 orang saja tiap harinya, demi menjaga ekosistemnya. Kebanyakan wisatawan yang datang ke Goa Jomblang berasal dari luar negeri, ini mungkin karena biaya masuknya yang tergolong mahal untuk wisatawan lokal.

 

2. Goa Pindul

wisata alam di jogja

Goa Pindul merupakan salah satu gua dari 7 gua dengan aliran sungai bawah tanah dan merupakan salah satu objek wisata air di Jogja. Panjang goa ini sekitar 350 meter dengan kedalaman air sekitar 5-12 meter.

Kalian dapat menyusuri Goa Pindul dengan cara cave tubingCave tubing merupakan aktivitas wisata air yang menyusuri goa melalui sungai yang mengalir di dalamnya dengan memakai ban dan pelampung. Kalian akan menyusuri 3 jenis zona di Goa Pindul yaitu zona terang, remang, dan gelap. Total waktu menyusuri Goa Pindul memakai cara cave tubing diperkirakan sekitar 1 jam.

Salah satu cara menikmati wisata air di Goa Pindul yaitu kalian bisa meloncat dari cave Goa Pindul. Adrenaline kalian diuji ketika mencoba meloncat dari tebing Goa Pindul dengan bermacam ketinggian, dari 1 meter sampai 8 meter. Tapi tenang aja, kalian akan diawasi oleh pemandu, area mana saja yang bisa kalian coba untuk terjun dari ketinggian tebing. Selain itu, kalian akan mendapatkan peralatan khusus, eperti ban pelampung, life vest serta head lamp yang telah disediakan di sana.

wisata petualangan di Jogja

Periode terbaik mengunjungi menikmati wsiata air di Goa Pindul yaitu ketika sedang musim kering, dimana aliran sungai sedang sangat tenang. Pagi menjelang siang merupakan waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul. Ketika musim basah, biasanya wisata air Goa Pindul digunakan untuk rafting yang dimana aliran sungai sudah mulai deras. Harga wisata air cave tubing di Goa Pindul sekitar 90rb IDR. Wisatawan dari luar negeri pun banyak yang mengunjungi Goa Pindul, kebanyakan dari wilayah Asia, seperti Jepang, Korea, Singapura, dan Malaysia.

Baca juga : Wisata Kuliner Khas Jogja yang Harus Kalian Coba

3. Goa Kalisuci

wisata alam di jogja

Goa Kalisuci menawarkan pengalaman cave tubing yang tak kalah seru dengan Goa Pindul. Kalisuci memiliki arti dimana terdapat mata air yang letaknya di atas aliran sungai. Sungai di Goa Kalisuci airnya sangat jernih dibandingkan sungai di Goa Pindul. Airnya tetap jernih walaupun air sungai mengeruh ketika memasuki musim penghujan.

Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Kalau dibandingkan dengan Goa Pindul, jarak sungai di Goa Kalisuci bisa dibilang lebih pendek. Harga retibusi masuk ke Goa Kalisuci sebesar 5 ribu IDR, sedangkan paket cave tubing memiliki harga sebesar 70 ribu.

 

4. Gunung Api Purba Nglanggeran

objek wisata alam di jogja

Gunung Api Nglanggeran merupakan tempat wisata alam di Jogja yang memiliki ketinggian antara 200-700 mdpl. Gunung api purba ini berada di kawasan material vulkanik dan memiliki banyak bebatuan hitam yang besar. Kalian bisa menikmati pemandangan cantik kota Yogyakarta dari ketinggian.

Kalian harus banyak berlatih dan dibutuhkan stamina yang tinggi untuk menaiki gunung ini. Gue rekomendasikan untuk hiking saat pagi ketika cuaca masih tidak terlalu panas. Selama perjalanan kalian akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dan cantik, apa lagi ketika berada di puncak gunung, kalian akan menikmati pemandangan yang indah dari segala penjuru Gunungkidul.

tempat wisata alam di jogja

Disektiaran area Gunung purba ini terdapat juga wahana outbound yang bisa kalian lakukan dengan keluarga maupun teman. Kalian bisa mencoba flying fox sambil menikmati keindahan gunung purba satu ini.

 

5. Kalibiru

objek wisata alam di jogja
gotravelly.com

Kalibiru merupakan salah satu objek wisata alam di Jogja yang sedang naik daun, khususnya bagi yang suka berphoto ria dan di share di Instagram. Desa Wisata Kalibiru terkenal akan pemandangan yang indah dari ketinggian dengan pemandangan Waduk Sermo. Kalian bisa memotret keindahan Kalibiru dengan menaiki ke spot photo diatas pohon.

Disini, kalian bisa menikmati wahana outbound seperti flying fox maupun jembatan goyang, untuk menguji adrenaline kalian. Desa Wisata Kalibiru berada di daerah Kulonprogo, yang dimana memakan waktu perjalanan selama 2 jam dari kota Yogyakarta.

 

6. Lava Tour Merapi

wisata alam di jogja

Bukan hanya di Bromo saja, kalian bisa ke kawasan wisata Kaliurang, Sleman, untuk mencoba wisata menegangkan dengan menaik mobil jeep offroad yang jalanannya berbatu dan dipenuhi pasir untuk menelusuri kawasan Merapi.

Pemandu akan mengajak kalian bertualang melewati sungai dan jalanan yang tidak mulus dengan menggunakan mobil Jeep, sehingga akan membuat badan kita terpontang-panting.

Selain untuk memacu adrenaline kalian, Lava Tour Merapi juga akan memberikan pemahaman dan gambaran mengenai Gunung Merapi, terutama ketika kejadian letusan pada tahun 2010 yang telah meluluh-lantahkan pemukiman warga setempat.

Banyak sekali agen wisata yang menawarkan Lava Tour Merapi ini. Paket yang ditawarkan tergantung dari lamanya durasi tour, harga paket disekitaran 300 ribu IDR sampai 500 ribu IDR.

Sharing ke temanmu

Leave a Reply