9 Tempat Wisata di Vietnam yang Menarik Dikunjungi

tempat wisata di vietnam hanoi
Bagikan ke temanmu:

Singapura dan Malaysia merupakan destinasi wisata favorit bagi orang Indonesia, karena jaraknya dekat dan biaya perjalanannya pun masih terjangkau. Jarang sekali orang Indonesia yang ingin jalan-jalan ke Vietnam. Karena sedikit sekali referensi mengenai tips dan trik berlibur ke Vietnam, membuat sebagian orang berpikir ulang untuk liburan ke Vietnam. Oleh karena itu, disini gue mencoba membantu membuatkan daftar tempat wisata di Vietnam yang bisa kalian coba kunjungi.

Letak Geografis, Topografi, dan Social Budaya Negara Vietnam

Vietnam terletak di pinggiran sebelah timur semenanjung Indochina yang memanjang, dimana di bagian utara berbatasan dengan negara China, sebelah barat berbatasan dengan negara Laos dan Kamboja, sedangkan sebelah timur dan selatan dikelilingi oleh Laut China Selatan. Keadaan topografi Vietnam sangatlah beragam, meliputi dari bukit-bukit dan pegunungan yang memilihi hutan lebat, dataran pantai yang menghadap Laut China Selatan, hingga dataran rendah yang memiliki ketinggian sekitar 1-5m dari laut.

Selain itu, Vietnam merupakan negara dengan masa penjajahan sangat lama. Pada masa zaman dinasti kerajaan, Vietnam sempat dijajah oleh dinasti China selama ± 1.000 tahun. Setelah itu Vietnam harus melawan imperialisme dari Perancis, Jepang, dan Amerika Serikat. Dari segi sosial budaya, saat ini beberapa pendatang berasal dari etnis Cina, Thai (Thailand), dan Khmer yang bermukim di Vietnam. Agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Vietnam pun beraneka ragam, seperti Buddha, Caodaisme, Hoa Hao, hingga Katolik Roma.

Berdasarkan latar belakang diatas, Vietnam menawarkan berbagai destinasi wisata yang bervariasi, mulai dari wisata alam, petualangan, budaya, sejarah, hingga pantai-pantai yang indah yang terbentang dari Vietnam bagian utara hingga ke bagian selatan. Berikut daftar tempat wisata terkenal di Vietnam yang bisa menjadi pilihan kalian sewaktu mengunjungi negara Vietnam.

Tempat Wisata di Vietnam bagian Utara

1. Sa Pa – The Highlands and Trekking

tempat wisata di vietnam utara
Photo by sapadragonhotel.com

Wilayah Vietnam bagian utara didominasi oleh pegunungan, khususnya di daerah Sa Pa, Lao Cai.  Sa Pa merupakan sebuah kota di Vietnam bagian utara yang terletak tidak jauh dari perbatasan Cina. Dataran tinggi disini mencapai ketinggian lebih dari 1.000 meter, yang dimana puncak tertingginya adalah Gunung Phan Xi Pang (±3.143 m), yang juga merupakan titik tertinggi di Vietnam.

Berkunjung ke kota Sa Pa, kalian akan mendapatkan experience seperti mengunjungi negeri di atas awan. Hampir sepanjang tahun, kota Sa Pa sering ditutupi oleh kabut pada pagi hari. Jangan salah, kalian pun bisa menikmati salju yang bertaburan di jalanan kota Sa Pa, karena letaknya yang berbatasan dengan kawasan iklim subtropis dan juga berada dikawasan dataran tinggi.

Selain itu, Sa Pa terkenal dengan hamparan terasering sawahnya indah yang terletak di lembah Muong Hoa, antara kota Sa Pa dan Gunung Phan Xi Pang. Sa Pa juga sangat populer dengan wisata petualangannya, kalian bisa ikut tour trekking melalui lembah dan lereng yang curam. Kalian pun berkesempatan mengetahui budaya kelompok etnis Hmong yang mendiami wilayah ini.

Baca Juga: Tempat Wisata Menarik Lainnya di Sa Pa Vietnam

2. Ha Long Bay – The Mystic Bay

tempat wisata di vietnam hanoi
Photo by crossingtravel.com

Ha Long Bay merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1994 dan tujuan wisata populer di Provinsi Quang Ninh, Vietnam. Ha Long Bay memiliki pesona air laut berwarna hijau toska, ribuan karst dan pulau batu kapur yang menjulang tinggi, dan juga pergerakan kapal-kapal pesiar yang unik yang mengitari kawasan ini.

Ha Long Bay sering disebut mystic bay, yang dimana kabut kadang terlihat pada pagi hari. Ha Long Bay memiliki 1600 pulau batu kapur yang terukir indah akibat fenomena alam. Sebagian besar pulau-pulau yang ada di tempat ini tertutup oleh hutan. Ada juga pulau yang memiliki danau dan gua. Kalian pun bisa singgah ke Pulau Ti Top memiliki pantai pasir kuning dengan pemandangan ke Pulau Bo Hon dan kanan Pulau Dam Nam.

Ha Long Bay merupakan salah satu pusat daya tarik wisata Vietnam. Oleh karena itu, Pemerintah setempat sedang gencar-gencarnya menanam investasi di kawasan ini. Saat ini banyak sekali pembangunan resort, hotel mewah, dan wahana atraksi lainnya disini. Kemungkinan besar, Ha Long Bay ini bisa menjadi Marina Bay-nya Vietnam.

Ha Long Bay berjarak sekitar 170km dari pusat kota Hanoi dan menempuh waktu sekitar 3 jam perjalanan. Kalian bisa ikut paket tour murah yang banyak tersedia di Old Quarter, Hanoi. Ataupun kalian bisa booking online di klook.com untuk mengikuti tour perjalanan ke Ha Long Bay dan menikmati bermalam di kapal pesiar.

 

3. Hanoi Old Quarter and Hoan Kiem Lake

Bagi kalian yang mengunjungi Hanoi dengan keinginan untuk memahami budaya atau keingintahuan untuk kembali ke masa lalu, Hanoi Old Quarter merupakan tempat yang wajib dikunjungi sehingga mereka pasti tidak boleh dilewatkan dengan cara apa pun. Terletak di tengah-tengah kota Hanoi, distrik Old Quarter memiliki khas dengan jalan-jalan sempitnya yang padat dengan rumah-rumah tube house tua yang memanjang keatas, kalian akan merasakan nostalgia dimana aliran waktu terasa terhenti, good place for letting slow pace of your life.

Tidak jauh dari Old Quarter, kalian bisa mengunjungi peninggalan sejarah disekitaran Danau Hoan Kiem, yang menyimpan banyak sejarah Vietnam dari zaman dinasti. Wisatawan memiliki kesempatan untuk menjelajahi kehidupan yang sederhana tapi energik. Kalian pun bisa menjelajahi Old Quarter dengan mencoba berbagai kuliner khas Vietnam, seperti Pho, Banh Mi, kopi telor khas Vietnam, hingga jajanan khas Vietnam yang bisa kalian coba di Hanoi weekend night market.

Baca Juga: Objek Wisata Menarik Lainnya di Hanoi Vietnam

 

Tempat Wisata di Vietnam bagian Tengah

4. Imperial City, Hue

tempat wisata di Vietnam tengah Hue
Photo by vietnamvisa.govt.vn

Kompleks Monumen Hue merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO lainnya di Vietnam, yang terletak di kota Hue, Vietnam bagian tengah. Hue didirikan sebagai ibu kota Vietnam oleh Gia Long, raja pertama dari Dinasti Nguyen pada tahun 1802. Posisi Hue sebagai ibukota Vietnam bertahan hingga tahun 1945. Kompleks sejarah ini menampilkan ratusan monumen dan reruntuhan, seperti Forbidden Purple City, yang merupakan bekas kediaman keluarga kerajaan dan rusak parah selama Perang Vietnam, Imperial City, makam kerajaan, menara bendera, pagoda, kuil, perpustakaan dan museum.

Hue Imperial City, terletak di tepi Sungai Huong, (alias Sungai Perfume) sekitar tiga jam di utara Da Nang. Di antara monumen yang paling mengesankan di bekas ibukota kekaisaran ini adalah Ngo Mon Gate dari Imperial City, yang secara eksklusif pernah digunakan oleh keluarga kerajaan dan pelayan kasim mereka, makam Kaisar Minh Mang serta makam Kaisar Tu Duc. Bahkan banyak monumen yang mengelilingi bangunan kerajaan dibangun pada awal abad ke-19 dan dimodelkan mirip Beijing’s Forbidden City. Dinding yang mengelilingi benteng tingginya enam meter dan panjang dua setengah kilometer.

Kompleks sejarah ini dikenal tidak hanya karena arsitekturnya tetapi juga untuk pemandangan yang indah. Secara keseluruhan, situs ini cukup memukau. Hue juga terkenal dengan masakan bergaya Imperial. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mencicipi masakan khas Vietnam tengah, selagi kalian mengunjungi Hue.

 

5. Ba Na Hills, Da Nang

tempat wisata di Vietnam tengah Da Nang
Photo by Jimmy Tran/Shutterstok

Ba Na Hills terletak di Pegunungan Truong Son di sebelah barat Da Nang, Vietnam. Daerah ini didirikan oleh kolonial Perancis pada tahun 1919. Setelah Prancis kalah dengan pasukan komunis di Pertempuran Diem Bien Phu, pada tahun 1954, vila-vila mereka di Ba Na jatuh ke dalam keruntuhan. Saat ini, otoritas pariwisata Vietnam menjadikan Ba Na Hills ini menjadi salah satu daya tarik wisata Vietnam bagian tengah, dimana para investor swasta ikut terjun, membangun dan mentransformasikan sebagian besar semuanya.

Ba Na Hills adalah salah satu proyek terbaru dan paling menarik di Vietnam. Terletak 1,487m di atas permukaan laut dan sering disebut sebagai “climate pearl” di Vietnam, Ba Na Hills di transformasi jadi kompleks resor di puncak gunung yang terlihat seperti kastil Eropa pada abad pertengahan. Kalian bisa mencoba tinggal dan bermalam di akomodasi modern yang bergaya French Village ini, sambil bermain wahana yang berada di Fantasy Park. Banyak paket dan tour yang disediakan di klook.com bagi kalian yang tertarik mengunjungi French Village asal Vietnam ini. Banyak juga hotel di Da Nang yang menyediakan paket 1 day trip ke Ba Na Hills.

Baca Juga: Destinasi Wisata Menarik Lainnya di Da Nang Vietnam

 

6. Hoi An – The Ancient Town

tempat wisata di vietnam tengah hoi an

Hoi An pernah menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara pada abad ke-16 dan 17, yang pada dasarnya adalah museum hidup yang menaungi arsitektur kota tua. Meskipun pusat perdagangan skala besar telah lama pindah ke tempat lain, Hoi An tetap melestarikan dan memulihkan akarnya yang menawan dan dinyatakan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada bulan Desember 1999. Beberapa bangunan peninggalan yang terkenal termasuk kuil-kuil Cina, jembatan yang dirancang Jepang, pagoda, rumah toko kayu, Rumah-rumah Prancis-kolonial, dan kanal-kanal tua. Kalian bisa merasakan pengalaman hidup masa lampau disini.

Pada malam hari, Hoi An menampakkan kecantikannya dan menyuguhkan kilauan cahaya yang berkilauan dengan lentera sutra, lampu-lampu kertas, dan cahaya lilin yang hangat. Dengan langit yang diselimuti kegelapan, kalian akan menyaksikan kilauan warna-warni yang menari di sungai Thu Bon. Oleh karena itu, banyak wisatawan memanggil Hoi An Ancient Town sebagai the city of lantern, menjadikannya tempat yang indah dengan vibe kota tuanya.

Hoi An juga dikenal dengan makanannya yang lezat, belanja yang menyenangkan, penjahit yang terampil, orang-orang yang ramah dan suasana yang nyaman – semua karakteristik utama yang menarik orang ke kota yang indah ini. Sambil asik mengeksplorasi fotograpi di Hoi An Ancient Town, tidak ada salahnya kalian mencoba jajanan dan makanan tradisional khas Hoi An,

Baca Juga: Cara dan Transportasi ke Hoi An

 

Tempat Wisata di Vietnam bagian Selatan

7. Saigon – Vietnamese History

ho chi minh city

Ho Chi Minh City (Saigon) adalah pusat bisnis dan keuangan Vietnam, dengan sejarah yang melekat pada ratusan tahun sebelumnya. The Khmers awalnya menetap di wilayah ini, dengan Vietnam mengambil alih pada abad ke-17. Lalu, Prancis menaklukkan Saigon, seperti yang kemudian diketahui, pada 1859, dan menjadikannya ibukota Cochin China pada tahun 1862, yang menghasilkan banyak arsitektur yang elegan dan jalan-jalan lebar yang masih ada hingga saat ini. Pada puncak Perang Vietnam pada tahun 1969, kota ini memiliki 4,5 juta penduduk yang semuanya dievakuasi ketika Saigon dan Vietnam Selatan jatuh ke Vietnam Utara pada tahun 1975.

Hari ini, Ho Chi Minh City adalah tujuan wisata yang populer karena budayanya yang memukau, arsitektur Perancis yang klasik, dan gedung pencakar langit yang ramping serta kuil dan pagoda yang berornamen. Jika kalian ingin lebih tahu sejarah negara Vietnam, khususnya pada masa imperialisme, tidak ada salahnya berkunjung ke Saigon. Banyak sekali museum dan attraction disini yang menceritakan masa kelam negara Vietnam sewaktu masa imperialisme dan juga Perang Vietnam. Kalian bisa mengunjungi Notre-Dame de Saigon, War Remnants Museum, Independence Palace, hingga Chi Chi Tunnels. Atau kalian pun bisa mencoba menyusuri Mekong Delta dan melihat kehidupan warga lokal disana, melihat desa-desa nelayan yang ikonik dengan rumah panggung dan sawah. Selain itu, kota ini juga dipenuhi dengan bar atap yang menghadap Saigon dan sekitarnya, sementara restoran yang fantastis menawarkan kombinasi masakan Perancis, Cina, dan tentu saja masakan lokal Vietnam.

Baca Juga: Objek Wisata Menarik Lainnya di Ho Chi Minh City Vietnam

 

8. Nha Trang – Beach and Resort

wisata pantai di vietnam selatan nha trang
Photo by vietnam-guide.com

Nha Trang, juga dikenal sebagai Riviera Laut Cina Selatan, menawarkan bentangan garis pantai indah sepanjang enam kilometer dengan pantai berpasir putih, perairan yang jernih dengan kehidupan laut yang melimpah dan terumbu karang yang berkembang, pegunungan hijau di setiap sisi, serta 19 pulau tak tersentuh yang hanya naik perahu singkat. Nha Trang ditasbihkan sebagai kota resor tepi pantai paling populer di Vietnam, dan sebagai persinggahan favorit untuk kapal pesiar.

Nha Trang menawarkan banyak kegiatan tamasya dan rekreasi, seperti scuba diving, snorkeling, kite boarding, berlayar dan catamaran rides. Selain itu, kota pesisir iti sendiri dipenuhi dengan tempat wisata menarik lainnya, Vinpearl Land dan Resort, Champa Kingdom, kuil Buddha, dan gereja-gereja Katolik bergaya gothic, serta mata air panas alami, ladang garam, dan air terjun unik.

 

9. Dalat – Le Petit Paris

tempat wisata di vietnam selatan dalat
Photo by travellingtovietnam.net

Siapa bilang di Asia Tenggara kita tidah bisa lihat sakura (cherry blossom)? Di Dataran Tinggi Tengah Selatan, kalian akan menemukan sisi yang sangat berbeda dari Vietnam. Bahkan, kalian mungkin merasa seperti berada di negara Eropa. Da Lat atau Dalat City, ibukota Provinsi Lam Dong di Vietnam, dikenal sebagai City of Enternal Spring, atau City in The Fog. Kota yang sering disebut Dalat selama musim semi akan dipenuhi dengan bunga persik merah muda dan banyak bunga mekar lainnya seperti bunga mawar, bunga krisan, bunga aprikot, bunga anyelir, dll.

🇻🇳 Up in the Southern Central Highlands, you’ll find a surprisingly different side of Vietnam. In fact, it might feel like you’re in a different country. . I’m talking about Da Lat or Dalat City, the capital of Lam Dong Province in Vietnam, belongs to Lang Biang highland Dalat City is known as Honeymoon Capital, The City of Eternal Spring, or City in the Fog. Locals also call it “Little Paris.” . Vietnam is mostly a tropical country, but Dalat City and other parts of the Lang Biang Highlands have more of a temperate climate. I think that’s probably why it’s a big attraction for domestic travelers. It has a temperate climate all-year-round with temperatures between 15 to 24 degrees Celsius. The climate allows for pine trees to thrive, as well as strawberries, and many varieties of flowers. It’s a change of scenery from the rest of Vietnam. #dalat #dalatvietnam #dalatvietnamphotos

A post shared by Good News from Southeast Asia (@seasiaig) on

Da Lat telah lama menjadi lokasi paling populer di kawasan ini untuk liburan sejak zaman kolonial Prancis. Banyak juga orang menyebutnya ‘Le Petit Paris’ dan kota ini bahkan dilengkapi dengan Menara Eiffel mini-replika di pusatnya! Terletak di atas 1,500 meter di atas permukaan laut, Dalat menawarkan suasana yang baik dengan iklim sejuk yang menyegarkan, tidak seperti kota-kota lain di Vietnam yang kadang panas dan lembab terutama pada musim panas. Celana panjang dan jaket diperlukan jika mengunjungi Dalat dari bulan November hingga sekitar Maret, karena suhu berkisar 10°C.

Da Lat terkenal juga dengan berbagai macam bunga, sayuran dan buah dari lahan pertanian di sekitarnya serta situs alam yang tak terhitung jumlahnya; pemandangannya yang indah, hutan hijau dan desa-desa kecil. Sumber utama pendapatan daerah adalah dari pertanian dan industri pariwisata, hampir mirip atmosfirnya dengan Lembang, Bandung. Kota ini juga menjadi pusat pendidikan yang menghasilkan profesional multi-bidang setiap tahun termasuk dokter dan arsitek (Universitas Dalat sendiri memiliki lebih dari 13.000 siswa). Oh iya, disini kalian bakal jarang liat lampu merah loh, karena kotanya sudah tertata dengan rapi dan motornya pun tidak banyak seperti di Hanoi ataupun Ho Chi Minh City.

Apakah kalian sedang mencari informasi dan tips traveling lainnya ke Vietnam? Lihat kumpulan artikel lainnya di Panduan Lengkap Wisata di Vietnam

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *