Transportasi ke Melaka dan Jonker Street dari Kuala Lumpur dan KLIA

cara dan Transportasi ke Melaka dari kuala lumpur
Bagikan artikel:

Melaka merupakan salah satu destinasi favorit bagi backpacker dan solo traveler karena salah satu kota yang multicultural dan dijadikan World Heritage City oleh UNESCO. Kota ini berjarak sekitar 150 km dari Kuala Lumpur atau 138 km dari bandara KLIA yang bisa ditempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Salah satu main attraction di Melaka yaitu Jonker Street dan Dutch Square. Berikut adalah cara dan transportasi ke Melaka dan Jonker Street, dari Kuala Lumpur dan bandara KLIA :

 

Kuala Lumpur – Melaka Sentral

  • Menggunakan bus eksekutif dari Terminal Bersepadu Selatan

Pertama, kalian harus singgah dulu ke stasiun BTS (Bandar Tasik Selatan) untuk menggunakan bus dari Kuala Lumpur ke Malaka. Untuk menuju stasiun BTS, ada beberapa cara yang bisa kalian tempuh menggunakan public transportation. Kalian bisa naik kereta komuter line (KTM Line) dari KL Sentral ke arah Seremban. Atau kalian juga bisa menaiki kereta bandara, yaitu KLIA Transit dan turun di stasiun BTS. Lalu kalian harus jalan kaki melalui connecting bridge menuju Terminal Bersepadu Selatan.

Baca Juga : Panduan Lengkap Wisata ke Melaka

Harga tiket dari Kuala Lumpur menuju Melaka Sentral sekitar 13,60 MYR.
Untuk jadwal keberangkatan biasanya beroperasi 4x sehari pada jam 5:45, 11:45, 17:30, dan 23:45.
Perjalanan bisa memakan waktu sekitar 2 jam.
www.catchthatbus.com

 

KLIA/KLIA 2 – Melaka Sentral

  • Menggunakan bus eksekutif dari Terminal Bandara KLIA / KLIA2

Loket Tiket Bus KLIA2

Kalian bisa pergi ke terminal bus di KLIA / KLIA2. Dulu gue menggunakan bus dari KLIA2 ke Melaka Sentral. Bandara KLIA/KLIA 2 Malaysia menyediakan fasilitas terminal bus yang bertujuan untuk memudahkan para wisatawan menuju kota-kota besar yang ada di Malaysia. Ada 2 buah bus provider yang biasanya menyediakan perjalanan ke Melaka, yaitu Transnasional dan Starmart Express.

Suasana Bus Starmart Express menuju Melaka

Harga tiket dari Kuala Lumpur menuju Melaka Sentral sekitar 24,30 MYR. Harganya memang cukup mahal, tapi kalian akan mendapatkan kursi bus yang nyaman, seperti kursi relaksasi/pijat.
Untuk jadwal keberangkatan biasanya beroperasi setiap satu jam sekali, keberangkatan paling pagi yaitu jam 06:10 (Starmart Express) dan 07:45 (Transnasional), dan paling malam pada jam 23:30 (Starmart Express).
Untuk jadwal lengkap kalian bisa cek di www.catchthatbus.com dan transnasional.com.my.

Baca Juga : Periode Terbaik Mengunjungi Melaka

 

Singapura – Melaka Sentral

  • Menggunakan bus eksekutif dari online booking

Kalian juga bisa pergi ke Melaka dari Singapura, tapi harga tiketnya cukup mahal bisa lebih besar 2-4 kali lipat dari harga tiket bus dari KLIA/KLIA2 ke Melaka Sentral. So gue pribadi tidak merekomendasikan itu.
Kalian juga bisa cek jadwal keberangkatan bus dan lokasi penjemputan dari Singapura di www.catchthatbus.com.

 

Melaka Sentral – Jonker Street

  • Menggunakan bus domestik di Gate 17 Melaka Sentral

Melaka Sentral merupakan terminal bus pusat di kota Melaka. Untuk menuju ke Jonker Streer, kalian harus terlebih dahulu menuju area Bus Domestik.

transportasi ke melaka dari kuala lumpur
Petunjuk menuju ke Bus Domestik di Melaka Sentral

Setelah itu, kalian harus pergi ke Gate 17. Disini tidak disediakan loket tiket, so kalian harus antri di depan bus nya dan bayar langsung ke supirnya. Jika pada waktu liburan, biasanya antrian lumayan panjang, so kalian harus bersabar menunggu bus selanjutnya jika tidak kebagian. Setelah masuk ke bus, kalian akan ditanya oleh supir tentang tujuan/destinasi kalian. Kalian tinggal menjawab mau ke Bangunan Merah / Red Square / Jonker Street dalam bahasa inggris.

transportasi ke melaka dan jonker street dari kuala lumpur dan KLIA
Gate 17 Bus Domestik di Melaka Sentral
Harga tiket cukup murah, sekitar 1,50 MYR. Waktu tempuh perjalanan menuju Bangunan Merah memakan waktu sekitar 30 menit.
Kalian bisa baca juga keseruan solo traveling gue ke Melaka di sini :
Solo Traveling Pertama ke Melaka Malaysia

You may also like

10 Komentar

    1. Halo mba Novian.
      Sepengetahuan aku sih mba, kota Melaka menjadi kota warisan dunia karena sejarah dan multikulturalnya. Selat Melaka (Melaka dan George Town) pernah menjadi pusat dan jalur perdagangan antara blok Timur dan Barat (mungkin kalau pernah baca buku Sejarah sewaktu SMP pasti tau), dan juga pertukaran budaya juga. Makanya dulu, banyak sekali penjajah pengen merebut kota Melaka jadi daerah kekuasaan.

      Pengaruh budaya Asia dan Eropa juga kental disini mba, mungkin klo bukti yang berwujudnya bisa dilihat pada bangunan, gereja, alun-alun dan benteng pemerintahannya. Belum lagi budaya lokalnya pun masih ada, karena dulu pernah berdiri kesultanan Melayu. Ada juga kampung aseli Melayu disini, dan jangan heran ada juga kampung Jawa. Selain itu, ada juga pengaruh budaya India, Gujarat, maupun China. Soalnya dulu pedagang-pedagang dari Jawa maupun dr negara lain pernah singgah di Melaka. Setelah itu, memasuki periode penjajahan, baik oleh Portugis, Belanda, Inggris, maupun Jepang.

  1. Halo sebelumnya saya mencupakan terimakasih buat postingannya yang sangat membantu, nah saya mau tanya transportasi untuk kembali ke melaka sentral naik apa? Dan tempat menunggu bus nya dimana? Terimakasih

    1. Sama-sama Mba Elita.
      Untuk transportasi baliknya, bisa menggunakan bus yang sama di tempat yang sama (Bangunan Merah). Cuma waktu tempuhnya jadi panjang, karena harus muter dulu.
      Kalau pengen cepet, bisa pesen Grab atau Uber juga sih mba. Range harga di RM10.

    1. Halo Mba Jasmine.

      Kalo saran saya, mba mending pake bis dr KL sampe k terminal Melaka Sentral. Dari Melaka Sentral, mba bisa pake grab/uber ke jonker street. Itu bisa lebih murah daripada naik uber/grab lgsg dr KL.

      Jarak antara KL – Melaka itu klo g salah sekitar 150km. Asumsi jika harga per km nya 2 ringgit, Mba bisa d charge sampe 300an Ringgit.

  2. Haloo mau nanya ya kalau beli tiket bus secara online apa harus dicetak dulu kode bookingnya?atau langsung tunjukin aja ke ticket counter mas?thx sblmnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *