Tips Solo Travel dan Backpack untuk Pertama Kali

Solo Backpack

Bepergian sendiri bisa menakutkan namun mendebarkan, karena jauh dari kenyamanan rumah. Kadang suka muncul pertanyaan, Apa yang terjadi jika kita terdampar di suatu tempat? Apakah akan terasa aneh jika kita makan di restoran sendirian? Sebelum melakukan solo traveling, alangkah lebih baiknya kalian mengetahui trik dan tips solo travel untuk pertama kalinya.

Sebelum Melakukan Traveling

1. Siapkan Planning yang Terencana

Planning yang terencana akan sangat membantu kalian sewaktu perjalanan. Hal ini agar membuat kalian tidak bingung ketika mengunjungi tempat-tempat mana saja yang menjadi prioritas kalian.  Dengan planning yang baik, kalian bisa mengestimasi pengeluaran sebelum memulai perjalanan dan bisa memperkirakan berapa banyak uang yang akan kalian bawa.

2. Backup Dokumen Penting

Sebelum berangkat, pastikan kalian membuat salinan paspor, KTP, visa, kartu ATM, kartu kredit, surat ijin mengemudi dan dokumen penting lainnya. Tinggalkan satu salinan di rumah atau teman dekat kalain, dan ambillah satu salinan lain untuk disembunyikan di tas Anda, jauh dari aslinya. Ini merupakan salah satu bentuk pencegahan jika ada yang hilang atau dicuri.

3. Simpan Barang Berharga Kalian

Simpan barang-barang berharga kalian di rumah, seperti jam tangan mahal ataupun perhiasan. Bawalah barang yang tidak menarik perhatian. Bawalah barang yang hanya diperlukan sesuai fungsinya, apalagi hal yang kurang penting untuk dikhawatirkan. Berpakaianlah yang sederhana, apalagi kalau kalian mengunjungi negara berkembang.

4. Belajar Sedikit mengenai Bahasa Lokal

Buatlah catatan kecil untuk menulis mempelajari beberapa kata dan frase bahasa lokal sebelum kalian pergi. Hanya dengan mengetahui bagaimana mengenalkan diri Anda, mulailah percakapan dasar, pesanlah bir dan hitung 1-10 membuat semua perbedaan. Orang akan senang jika mengetahui kalian berusaha berkomunikasi dan berinteraksi, walaupun kalian menggunakan bahasa lokal maupun bahasa Inggris yang masih rancu.

5. Download Offline Maps

Tidak ada salahnya jika kalian mengunduh maps untuk daerah yang bakal kalian kunjungi. Hal ini untuk mengantisipasi jika di kota kalian kunjungi mengalami gangguan internet, sehingga kalian tidak bisa menggunakan GPS maupun maps secara online. Selain itu kalian bisa cetak peta, jalur dan jadwal bus sebelum memulai perjalalan.

6. Menggunakan Asuransi Perjalanan

Berjaga-jaga lebih baik daripada tidak sama sekali. Selama perjalanan, kadang ada hal yang terjadi diluar kendali kita. Asuransi perjalanan akan membuat hati kalian lebih tenang, apalagi jika mengalami hal-hal terduga seperti sakit dan harus berobat di rumah sakit.

 

Baca Juga : Solo Traveling Pertama ke Melaka

 

Ketika Perjalanan

7. Pisahkan Uang

Jangan simpan uang kalian di satu tempat. Tidak ada salahnya memisahkan uang yang kalian bawa ke beberapa tempat, seperti di tas, dompet, maupun kaus kaki. Selain untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga seperti kehilangan dompet, hal ini bisa digunakan untuk membagi budget pengeluaran kalian, seperti memisahkan budget untuk makan, oleh-oleh, dan transportasi.

8. Hemat Pengeluaran

Selalu berhemat selama perjalanan, karena kadang kalian tidak tahu apa yang akan terjadi. Membawa tumblr kosong akan sangat menghemat pengeluaran kalian dalam perjalanan. Kalian bisa mengisi gratis air minum kalian di bandara maupun di hostel. Selain itu, tidak ada salahnya membawa snack dari negara asal kalian, selain hemat, kadang dalam perjalanan nafsu makan kalian bisa meningkat karena kelelahan. Jangan lupa, kalian harus bawa uang tambahan sebagai cadangan jikalau ada hal-hal yang diluar prediksi.

9. Bersosialiasai dengan Traveler lain

traveling buddies
solo travel ke Melaka Malaysia

Solo travel dan backpack bukan berarti kalian “sendiri”. Berinteraksi dengan penduduk setempat maupun dengan wisatawan lain di hostel merupakan salah satu pengalaman traveling yang luar biasa. Saling sharing pengalaman traveling sangat bermanfaat untuk membuka pikiran kalian mengenai dunia yang begitu luas. Selama perjalanan, mungkin saja kalian akan menemukan teman baru dari belahan dunia lain.

10. Berani dan Percaya Diri

Berjalanlah dengan yakin seperti kalian memiliki tujuan dan tahu apa yang sedang dilakukan. Jangan terlihat kalian seperti orang yang kebingungan, karena hal ini bisa mengundang local scam. Tidak ada salahnya kalian melakukan riset terlebih dahulu mengenai do’s and dont’s di kota yang akan kalian kunjungi. Jika kalian merasa kebingungan, masuklah ke sebuah toko atau restoran – yang penting ialah jangan lakukan di jalanan sepi. Carilah tempat yang mana banyak orang bisa melihat kalian dan bisa bertanya kepada mereka.

11. Safety First

Solo traveling bisa sangat menyenangkan dan bermanfaat, tapi perhatikan juga masalah keamanan sama seperti Anda akan bepergian dengan pasangan ataupun kelompok. Berhati-hatilah di kota-kota besar di malam hari, perhatikan minuman kalian, perhatikan setiap local scam dan perhatikan baik-baik barang berharga kalian. Simpanlah tas kalian di depan, agar tetap dalam jarak pandangan kalian.

Percayalah pada insting kalian. Intuisi bisa lebih kuat dari perkiraan kalian, dan biasanya kalian akan tahu dan mempreiksi sebelum melakukan situasi positif atau negatif. Jika seseorang menghampiri kalian dan membuat kalian merasa tidak nyaman, tinggalkanlah mereka dan jangan hiraukan.

 

Enjoy Your Best Me Time !

Gunakan solo traveling untuk memperkuat hubungan kalian dengan diri sendiri. Kalian akan memiliki banyak waktu sendiri – merenungkan apa yang telah dipelajari dan bagaimana perasaan kalian – memungkinkan kalian mengenal diri sendiri tanpa gangguan.

Nikmati kebebasan kalian sepenuhnya. Lakukan apa yang kalian inginkan, di mana pun, kapan pun kalian mau, tanpa harus mengikuti arahan siapa pun.

 

Kalian bisa baca juga keseruan solo traveling gue ke Melaka Malaysia di artikel berikut :

Sharing ke temanmu

Leave a Reply