9 Tips Traveling Murah ke Luar Negeri

tips traveling murah ke luar negeri

Liburan ke luar negeri merupakan pengalaman menarik yang tiap orang harus coba. Berjalan kaki dan merasakan kehidupan sehari-hari di negeri orang akan membuat kalian berasa berdebar-debar. Kadang biaya perjalanan ke luar negeri cukup mahal jika dibandingkan dengan wisata di dalam negeri. Dari biaya transportasi yang mahal, biaya penginapan, uang makan, hingga biaya tak terduga yang akan kalian keluarkan selama perjalanan. Semua orang pasti mengidamkan liburan murah ke luar negeri. Pahami dulu tips traveling murah ke luar negeri yang bisa kalian coba. Berikut tips jalan-jalan ke luar negeri ala Backpacker :

1. Pilih Tanggal yang Tepat

Pemilihan tanggal sangat penting untuk menekan rencana pengeluaran sewaktu liburan. Ketika high seaseon, biasanya harga pesawat maupun penginapan bisa melonjak drastis. Selain itu, liburan di waktu libur terkadang sangat menyebalkan, karena jalanan bisa sangat macet ataupun tempat wisata akan sangat penuh dengan orang-orang. Cobalah kalian berlibur pada hari biasa. Walaupun terkadang kita harus mengorbankan jatah cuti dari tempat kerja, tapi sisi positifnya ialah kalian bisa liburan dengan suasana yang lebih tenang dan bisa menekan pengeluaran dari harga tiket pesawat dan penginapan.

 

2. Survey Tiket Pesawat

Tahukah kalian, kalau harga tiket pesawat terkadang lebih murah jika kalian memesan penerbangan di mid-week, seperti hari Selasa dan Rabu? Selain itu, memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatan, harganya akan jauh lebh murah ketimbang memesan tiket beberapa hari sebelum berangkat.

Kalian pun bisa membandingkan harga tiket pesawat di situs online untuk keperluan berlibur, seperti Traveloka, Tiket, Airpaz, atau PegiPegi. Terkadang, tiap penyedia tiket pesawat online ini menawarkan harga-harga yang berbeda, karena setiap situs mengambil margin harga yang berbeda-beda. Cari informasinya sedetail mungkin, kalian pun bisa mendapatkan promo yang berbeda dari tiap penyedia layanan tiket pesawat online.

 

3. Pilih Penginapan Alternatif

Penginapan merupakan hal kedua yang bisa merogoh kocek kalian selama liburan, selain transportasi. Hindari untuk menginap di hotel, karena hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kalian bisa menginap di hostel yang harganya relatif murah dibandingkan hotel. Ataupun kalian bisa menumpang di rumah saudara atau kenalan.

Selain itu kalian bisa mencoba beberapa situs layanan penyewaan rumah penduduk yang terkadang disewakan untuk liburan, seperti situs airbnb. Jika kalian nyaman menginap di homestay penduduk lokal, kalian bisa memanfaatkan situs Couchsurfing yang merupakan situs dan layanan jejaring sosial berupa hospitality exchange atau Jaringan Silaturahmi. Situs yang mengkoneksikan para traveler dengan mengusung konsep menawarkan free hospitality atau tumpangan tempat tinggal. Cuma disini kalian harus aktif berkomunikasi dengan para anggota couchsurfing, agar bisa mendapatkan kenalan baru dari luar negeri.

Baca Juga : Tips Solo Travel dan Backpack untuk Pertama Kali

 

4. Lakukan Perjalanan Malam

Ini merupakan salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran dalam sewa penginapan bagi kalian yang melakukan perjalanan lebih dari satu kota maupun negara. Kalian diharuskan untuk beristirahat sewaktu perjalanan, baik menginap di dalam bus yang sedang berjalan, ataupun di dalam pesawat. Oleh karena itu pastikan kalian merasa nyaman dan terbiasa tidur sewaktu perjalanan. Sehingga ketika sampai di terminal kota tujuan, kalian tidak ada lagi yang namanya mengantuk.

 

5. Gunakan Transportasi Publik

Manfaatkanlah transportasi publik di suatu negara, seperti kereta, bus, dan juga yang lainnya. Kalian hanya akan dikenakan sejumlah biaya yang cukup terjangkau, sehingga dapat menghemat pengeluaran ketika berjalan-jalan. Bayangkan saja jika kalian naik bus, kalian bisa menghemat sekitar 5-10 kali lipat dibandingkan dengan naik taxi atau Uber, tergantung dari jarak tempuhnya.

Sebelumnya, kalian harus melakukan survey terlebih dahulu untuk menghafal dan mencari tahu mengenai jadwal operasi mode transportasi publik di kawasan yang akan kalian kunjungi. Sehingga kalian bisa berangkat dari penginapan dan kembali lagi dengan aman dan biaya yang terjangkau.

 

6. Kunjungi Negara Bebas Visa

Biaya visa cukup memakan pengeluaran yang besar, terutama jika kalian berencana mengunjungi beberapa negara sekaligus dalam satu kali perjalanan travelling. Jika kalian mempunyai budget yang terbatas, liburan ke luar negeri tanpa visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) merupakan salah satu tips traveling murah ketika kalian ingin mengunjungi negeri orang lain.

Negara-negara ASEAN menerapkan sistem bebas visa untuk kunjungan WNI. Meski jaraknya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan negara di benua lain, terdapat juga destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi di negara-negara ASEAN.

Selain beberapa negara ASEAN, kalian juga dapat mempertimbangkan perjalanan ke beberapa negara lainnya yang telah bebas visa, seperti Nepal, Maroko, Macau, dan Hongkong. Bayangkan berapa banyak pengeluaran yang kalian dengan pangkas dengan mempertimbangkan pilihan negara bebas visa ini.

negara bebas visa bagi WNI
source : Brilio.net

 

7. Bawa Minuman dan Makanan Sendiri

Kalian bisa membawa botol minuman kosong (tumblr) yang bisa isi ulang air minum kalian selama perjalanan, seperti di bandara dan hostel. Membawa makanan sendiri dari Indonesia seperti snack dan makanan instan akan menghindarkan kalian dari mahalnya harga makanan saat berada di lokasi wisata. Membawa makanan dan minuman sendiri pun bisa menjadi solusi, jika kalian kurang suka dengan citra rasa masakan lokal khas negara yang kalian kunjungi.

 

8. Cari Teman Saat Traveling

Pergi bersama teman merupakan tips traveling murah, karena kalian akan cost-sharing selama melakukan perjalanan. Pengeluaran bisa dibagi dua dengan teman kalian, seperti sewa penginapan, sewa kendaraan, hingga makan siang, dimana kalian bisa memesan menu yang berbeda dan saling cicip menu yang dipesan.

 

9. Buatlah Rencana Perjalanan dengan Baik

Rencana perjalanan merupakan hal yang penting ketika traveling. Jangan sampai kalian mengalami kehabisan uang saat berada di tengah-tengah perjalanan. Rencana akan memaksa kalian untuk menuruti daftar kegiatan dan itinerary yang telah disusun. Rencana yang baik akan membuat kalian mengestimasi pengeluaran setiap kegaiatan yang akan kalian lakukan, sehingga hal ini akan membuat kalian mengendalikan pengeluaran selama perjalanan.

 

Baca Juga : Solo Traveling ke Melaka cuma Menghabiskan Rp 2 Juta

 

 

Sharing ke temanmu

Leave a Reply