Cara dan Transportasi dari Da Nang ke Hoi An Ancient Town

transportasi dari da nang ke hoi an
Bagikan ke temanmu:

Hoi An merupakan sebuah kota tua yang berada di Vietnam tengah dan merupakan destinasi favorit traveler / backpacker yang masuk di Top 25 Destionation in 2017 oleh pengguna Tripadvisor. Hoi An merupakan kota kecil yang tidak jauh dari kota Da Nang dan masih belum ada bandara maupun stasiun kereta api yang melayani langsung menuju Hoi An dari Hanoi maupun Ho Chi Minh City. Wisatawan yang ingin mengunjungi Hoi An harus singgah dulu ke kota Da Nang baik dengan pesawat atau kereta api, kemudian bisa melanjutkan perjalanan menuju Hoi An. Disini, gue coba untuk memberikan solusi dan panduan transportasi dari Da Nang ke Hoi An berdasarkan pengalaman gue dan rekomendasi dari travelers lainnya yang coba gue rangkum.

Seberapa Jauhkah Da Nang ke Hoi An?

Hoi An Ancient Town berjarak sekitar 30km dari pusat kota Da Nang. Kalian bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 45 menit sampai 90 menit, tergantung moda transportasi yang kalian pilih.

Source: maps.google.com

Pilihan Transportasi dari Da Nang ke Hoi An

Ada beberapa cara dan transportasi dari Da Nang menuju Hoi An yang bisa kalian pilih, tergantung budget dan waktu yang kalian punya. Kalian bisa menggunakan layanan transportasi pribadi / pickup travel dari agen penyedia, menggunakan tranportasi publik seperti bus atau taksi, hingga menyewa motor bagi kalian yang menyukai pengalaman dan sensasi adventure. Sementara tranportasi online seperti Uber dan Grab pun tersedia di area Da Nang, namun kemungkinan perjalanan kalian agak susah diterima oleh drivernya karena jarak yang begitu jauh, jadi sebaiknya jangan bergantung pada salah satu opsi ini.

1. Layanan Transportasi Pribadi

transportasi da nang menuju hoi an

Jika kalian sudah booking penginapan di Da Nang ataupun Hoi An, biasanya hotel maupun penginapan selalu menawarkan layanan transportasi pribadi yang telah mereka sediakan. Kalian pun bisa dijemput langsung dari Da Nang International Airport ataupun di pickup dari hotel yang kalian sewa di Da Nang dengan waktu jemput yang telah ditentukan oleh mereka.

Biayanya cukup bervariasi, tapi ini pilihan yang tidak membuat kalian pusing. Harganya memang lumayan mahal jika berperegian seorang diri, kalian bisa di charge hingga 350,000 VND ($15) untuk 4-seat car dan 460.000VND ($20) untuk 7-seater car, dalam satu perjalanan (per 2018). Jika kalian berpergian dalam rombongan, kalian bisa sharing pengeluaran dengan teman-teman kalian.

Kalian juga dapat mengatur mobil pribadi melalui layanan sewa mobil di kota. Selalu minta harga di depan sebelum memesan, untuk menghindari scam dari penyedia rental mobil yang nakal. Berikut adalah penyedia layanan sewa mobil yang para travelers rekomendasikan di Da Nang Vietnam:

  • Da Thanh Travel: +84 511 355 0022
  • Vu Khoa Travel: +84 511 355 2768
  • Quang Da Thang Travel: +84 511 363 8638

Hubungi penyedia layanan sewa mobil dan berikan detail mengenai waktu pengambilan, lokasi, dan bahkan nomor penerbangan jika kalian ingin dijemput di bandara. Pilihan transportasi untuk menggunakan layanan transportasi pribadi merupakan pilihan yang tepat jika kalian memilih kenyamanan dan anti-ribet. Tentu saja, harganya pun sedikit lebih mahal daripada opsi lain yang tersedia. Kalian pun dapat mengatur perjalanan sesuka kalian dengan pengemudi jika kalian ingin mengunjungi beberapa situs di sepanjang jalan. Jika kalian berpergian dalam kelompok atau dengan teman, ini akan menjadi pilihan yang paling cocok!

2. Taksi

tranportasi dari da nang ke hoi an vietnam

Taksi merupakan cara praktis lainnya untuk pergi ke Hoi An dari Da Nang. Di pusat kota Da Nang (atau bandara) kalian dapat naik taksi dan masuk tanpa membuat perjanjian sebelumnya. Biaya dikeluarkan bisa dari $15 hingga $25. Pastikan driver mengetahui dengan jelas ke mana arah dan tujuan kalian. Pastikan Google maps kalian selalu nyala, agar kalian tidak dibawa berkeliling dulu sehingga akan menaikkan argo taksi kalian. Untuk menghindari scam, kalian bisa memilih penyedia layanan taksi terkenal:

  • Mai Linh Taxi: +84 511 352 5252
  • Song Han Taxi: +84 511 372 7272
  • Tien Sa Da Nang Taxi: +84 511 379 7979
  • Vinasun Taxi: +84 511 368 6868

Adapun layanan baru yang diluncurkan di bandara internasioanl Da Nang, yaitu Dichungtaxi (provider Taksi bersama). Dengan memesan taksi di situs mereka, sistem akan mengirimkan informasi pemesanan kalian ke pengemudi dan meminta mereka menjemput kalian. Kalian dapat berbagi taksi dengan traveler lain dengan cara yang sama dengan memilih opsi “share“. Jika tidak, kalian bisa menggunakan layanan taksi “private” seperti biasa. Layanan baru ini memberikan harga yang lebih murah daripada harga normal, selain itu layanan ini dapat membantu kalian menghindari penipuan karena penetapan harganya ditetapkan berdasarkan paket yang kalian pilih. Tarif taksi bersama disekitaran 150.000 VND ($ 7) hingga 220.000 VND ($ 10).

3. Bus Umum

Transportasi umum yang melayani perjalanan langsung dari Da Nang menuju Hoi An cuma ada satu, yaitu bus umum. Rute Da Nang – Hoi An menggunakan Bus #1 dengan warna khas kuning. Bus nya agak tua, baru sebagian yang sudah menggunakan bus baru. Tarif  bus umum ini hanya 25.000 VND ($1) dengan tujuan akhir terminal bus Hoi An. Meskipun bus umum adalah pilihan perjalanan termurah, perjalanan akan memakan waktu sedikit lebih lama, 70 hingga 80 menit, karena banyak sekali pemberhentian. Layanan bus umum ini dimulai pada jam 5:30 pagi dan berhenti beroperasi pada jam 6 sore, dengan frekuensi 1 bus setiap 20-30 menit.

Kalian bisa menggunakan Google Maps untuk mengetahui halte terdekat dengan penginapan kalian di Da Nang dan mengetahui informasi waktu kedatangan bus. Untuk halte bus rute perjalanan Da Nang – Hoi An yang mudah dicari, gue saranin untuk menunggu di halte dekat Da Nang Cathedral. Kalian bisa menyempatkan diri terlebih dahulu untuk berswafoto di gereja berwarna pink tersebut. Untuk mencapai ke Hoi An Ancient Town dari terminal bus Hoi An, kalian membutuhkan moda transportasi tambahan lagi, seperti menggunakan ojek pangkalan. Mintalah harga tarif ojek kepada driver terlebih dahulu, untuk menghindari dari hal-hal negatif seperti scam. Bagi kalian yang backpackeran, kalian bisa berjalan kaki menuju Hoi An Ancient Town dari terminal Hoi An yang berjarak 2km.

4. Shuttle Bus (Tour Service)

shuttle bus da nang ke hoi an

Shuttle Bus merupakan moda transportasi yang paling direkomendasikan. Selain nyaman dan tanpa ribet, harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau. Harga yang ditawarkan pun disekitaran 130,000 VND ($6) untuk sekali perjalanan. Sama seperti open trip, perjalanan kalian akan digabungkan dengan rombongan traveler yang lain. Harga yang ditawarkan memang 6 kali lipat dari tarif bus umum, tapi kalian akan mendapatkan tempat duduk yang nyaman untuk naik bus 1-1.5 jam ke depan, plus bus sudah disertai AC dan memiliki ruang penyimpanan untuk semua barang bawaan kalian.

Ada dua penyedia layanan shuttle bus yang direkomendasikan para traveler, yaitu:

  1. Hoi An Express Shuttle BusLokasi penjemputan langsung dari Bandara Internasional Da Nang, sehingga akan memangkas waktu perjalanan ke Hoi An lebih cepat. Hanya memakan waktu sekitar 50-60 menit perjalanan. Kalian bisa menghubungi langsung contact numbernya di + 84-8-35470787.
  2. The Sihn Tourist Transfer Bus. Sangat cocok bagi kalian yang sudah berada di pusat kota Da Nang. Namun waktu tempuh tergolong relatif lama, karena shuttle bus akan menjemput setiap peserta perjalanan di lokasi penjemputan yang berbeda. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 80-90 menit. Kalian bisa mengubungi customer servicenya di +84-28 3838 9597.
  3. Kalian juga bisa cek paket tour service lainnya di Klook.com

5. Sewa Motor

sewa motor Da Nang Hoi An

Jika kalian ingin merasakan pengalaman yang berbeda, bepergian dengan sepeda motor adalah pilihan yang paling menarik dari semuanya. Kalian akan merasakan sendiri mengendarai kendaraan dengan menggunakan jalur kanan dan memakai helm topi “batok” khas Vietnam. Tidak seperti Hanoi dan Ho Chi Minh City, ruas jalan Da Nang sangatlah lebar dan masih belum ramai kendaraan. Selain itu, bepergian dengan sepeda motor memungkinkan fleksibilitas untuk mengunjungi tempat tujuan di sepanjang jalan dan tempat wisata di Da Nang, seperti mampir dulu ke pantai My Khe atau berkunjung ke Son Tra Peninsula.

Namun, jika ini adalah pertama kalinya kalian di Vietnam dan tidak terlalu mahir dalam mengendarai sepeda motor, gue tidak merekomendasikan opsi ini karena ini cukup berisiko. Lalu lintas di Vietnam hampir mirip dengan lalu lintas ibu kota Jakarta, namun memiliki tantangan yang berbeda. Jarang sekali ada lampu merah di setiap persimpangan jalan, dibutuhkan keterampilan khusus seperti kesadaran akan situasi, refleks yang baik, keseimbangan yang sangat baik, dan keberanian. Jika kalian tidak memiliki keterampilan ini, jangan ambil risiko.

Ada 2 jenis sepeda motor yang disewakan, transmisi manual dan otomatis. Sepeda otomatis merupakan pilihan pertama bagi sebagian besar wisatawan karena mereka lebih mudah dikendarai. Namun, jika kalian juga berencana untuk mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya di daerah yang melewati bukit ataupun tanjakan terjal, seperti menuju Son Tra Peninsula atau Hai Van Pass, maka sepeda motor transmisi manual akan lebih cocok karena kalian bisa mengontrol torsi (kekuatan) yang sangat penting ketika melewati jalanan menanjak.

Harga rata-rata untuk penyewaan sepeda sekitar 130.000-150,000 VND ($ 6) per hari, tergantung dari jenis motor dan tahun pembuatannya. Harga tersebut belum termasuk biaya untuk bensin. Cek terlebih dahulu sepeda motor yang akan kalian sewa, dari ban, rem, lampu, hingga persneling, agar kalian bisa menikmati perjalanan dengan nyaman. Beberapa penginapan dan hotel menawarkan juga untuk rental motor. Kalian bisa gunakan booking.com untuk mengkontak terlebih dahulu penginapan yang akan kalian pilih, apakah memiliki jasa untuk rental motor atau tidak. Biasanya beberapa penyedia rental motor akan memberi diskon untuk periode sewa yang lebih lama. Berikut rekomendasi rental sepeda motor dari traveler di kota Da Nang:

  1. Truong Dat motorbike rental. Lokasinya berada di pusat kota Da Nang, tepatnya di jalan 65/86 To Hien Thanh. Kalian bisa kontak Mr.Tuan (+84 969 722 744) atau Mr. Hung (+84 969 822 844).
  2. Le Truong motorbike rental. Lokasinya berada di area pantai My Khe. Kalian bisa mengontak langsung Mr. Thuan (+84 981 331 331).

Biasanya kalian diharuskan untuk meninggalkankan ID atau paspor, terkadang ada juga yang mengizinkan salinan paspor saja. Hal ini digunakan sebagai jaminan oleh penyewa dan memastikan untuk mengembalikan sepeda motor. Kalian bisa pergi langsung ke penyedia rental untuk mengambil motor, atau bisa juga dengan membayar uang tambahan untuk mengantarkan motor yang kita sewa ke penginapan.

6. Ride Hailing App (Grab atau Uber)

grab vietnam

Sebenarnya, kalian bisa saja menggunakan ride hailing app seperti Grab untuk melakukan perjalanan ke Hoi An. Namun, sedikit sekali para driver yang mau menerima pesanan kalian. Hal ini dikarenakan jarak tempuh yang cukup jauh, dan yang kedua karena sedikit sekali orang memesan Grab untuk rute balik dari Hoi An ke Da Nang. Namanya juga mereka cari uang, para driver tidak mau sampai sepi orderan ketika mereka sampai di Hoi An (per 2018)So menggunakan jasa ride hailing app bisa menjadi solusi untuk perjalanan rute pendek saja, jika kalian ingin pergi dari satu tempat ke tempat lain untuk disekitaran pusat kota Da Nang.

Berikut adalah beberapa artikel yang berkaitan dengan Da Nang dan Hoi An:

Objek Wisata di Da Nang Vietnam

Hoi An Food Tour: Mengenal Jajanan Khas Vietnam di Hoi An

Apakah kalian mencari informasi lainnya mengenai Vietnam? Lihat artikel lainnya di Panduan Lengkap Wisata di Vietnam!

Source:

  1. blog.christinas.vn
  2. wanderluststorytellers.com

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *