Transportasi dari Noi Bai Airport Hanoi ke Old Quarter dan Stasiun Hanoi

transportasi dari noi bai airport hanoi ke old quarter
Bagikan artikel:

Hanoi merupakan ibu kota dari negara Vietnam dan menjadi salah satu destinasi favorit bagi traveler maupun backpacker. Banyak sekali attraction yang bisa kalian kunjungi di Hanoi, dari kuil-kuil, gereja gothic peninggalan imperialisme Perancis, danau Hoan Kiem, mencicip kuliner khas Vietnam, hingga bangunan bersejarah lainnya. Hampir semua attraction yang gue sebutkan barusan, terpusat di Old Quarter Hanoi (kota tua Hanoi). Selain itu, kota Hanoi pun menjadi kota transit sebelum mengunjungi tempat wisata Vietnam bagian Utara lainnya, seperti Ha Long Bay, Sa Pa, Ninh Binh, dan Cat Ba Island. Kalian pun bisa transit di Stasiun Hanoi sebelum melanjutkan perjalanan ke kota-kota lainnya di Vietnam. Berikut alternatif moda transportasi dari Noi Bai Airport Hanoi ke Old Quarter maupun Stasiun Hanoi.

1. Hanoi Public Bus

  • Menggunakan Bus Express 86 tujuan ke Old Quarter dan Stasiun Hanoi

transportasi noi bai airport ke kota hanoi

Gue selalu merekomendasikan siapapun untuk menggunakan transportasi publik jika sedang traveling di luar negeri. Kenapa? Selain harganya yang lebih terjangkau dibandingkan moda transportasi yang lain, kalian pun akan mendapatkan pengalaman yang lebih. Menggunakan transportasi publik berarti juga kalian mendapatkan pengalaman bagaimana menjadi warga lokal dan bisa melihat lebih dalam mengenai perspektif kehidupan suatu negara yang kalian kunjungi. Kalian bisa berbincang dengan warga lokal di bus tersebut, atau melihat aktivitas dan kehidupan warga lokal suatu negara selama perjalanan di balik jendela bus.

bus dari noi bai airport ke old quarter
image from vietnamrailway.com.vn

Kalian bisa menggunakan Bus Express Hanoi nomor 86 dengan rute Noi Bai Airport ke Stasiun Hanoi. Harga tiketnya pun terbilang murah, cuma 30,000 VND atau sekitar 18 ribu rupiah aja, untuk ukuran bus umum yang modern dan terfasilitasi dengan AC dan free wifi. Tiket bus bisa dibeli langsung di dalam bus. Nanti kondektur bus akan menghampiri kalian, dan menanyakan tujuan kalian.

Baca Juga: Panduan Lengkap Traveling ke Vietnam

Jika kalian ingin ke area Old Quarter, kalian bisa turun di halte 142 Trần Quang Khải atau 162 Trần Quang Khải, tergantung seberapa dekat dengan hotel kalian menginap. Dari halte menuju pusat Old Quarter (Hoan Kiem Lake), kalian bisa jalan kaki dengan menempuh waktu sekitar 10-15 menit. Kalau pengalaman gue sewaktu traveling di Hanoi, gue turun di halte 162 Trần Quang Khải karena dekat sekali dengan Giang Cafe yang terkenal akan egg coffee-nya.

Jarak antara Noi Bai International Airport ke Old Quarter sekitar 30 km, yang bisa menempuh waktu perjalanan selama 1 jam ketika menggunakan bus 86. Tapi waktu sejam tidak akan terasa lama loh, karena di dalam bus 86 sudah tersedia free wifi dan tentunya AC, sehingga kalian tidak akan merasa lelah. Malah kalian bisa surfing internet sepuasnya. Lumayan sejam bisa download offline Google maps kota Hanoi atau searching mengenai kota Hanoi.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Vietnam yang Menarik Dikunjungi

 

  • Lokasi Halte Bus Express 86 Hanoi di bandara Noi Bai

Bus ini bisa kalian temukan dengan mudah di Terminal 1 (penerbangan domestik) maupun Terminal 2 (penerbangan internasional).

Jika kedatangan kalian dari Terminal 1 (penerbangan domestik), lokasi halte bus 86 tepat di luar terminal dengan signage warna oranye.

bus 86 noi bai airport terminal 1 hanoi
image from vietnamrailway.com.vn

Sedangkan kalian melakukan penerbangan internasional (Terminal 2), kalian dapat dengan mudah menemukan halte bus 86 ini. Keluar dari gate kedatangan, halte bus 86 berada di sebelah kiri di line kedua. Setelah itu kalian hanya tinggal cari signage BUS STOP 86. Kalau masih bingung, kalian tinggal tanyakan saja ke security yang terdekat, yang biasanya suka mengontrol traffic kendaraan yang mau pick-up penumpang.

 

  • Jadwal Keberangkatan dan Rute Bus Express 86 Hanoi

transportasi dari bandara hanoi ke old quarter
image from vietnamrailway.com.vn

Interval kedatangan Bus 86 ini dengan rute Noi Bai Hanoi Airport – Hanoi Train Station sekitar 25-30 menit. Kalian bisa lihat lebih detail mengenai jadwal keberangkatannya dari gambar diatas. Bus 86 Hanoi ini baru melaju di Noi Bai Airport dari jam 6:25 waktu setempat hingga jam 11 malam. So, kalian coba sesuaikan dengan jadwal penerbangan kalian agar bisa memanfaatkan Bus 86 Hanoi ini.

Rute Bus 86 dari pusat kota Hanoi ke Noi Bai Airport:

  • Hanoi Train Station
  • Halte bus di seberang Melia Hotel
  • Hanoi Post Office (Buu Dien Bo Ho)
  • Halte 23 Hang Tre
  • Long Bien Transpoint station (E11)
  • Halte bus di interseksi Yen Phu – Cua Bac
  • Halte bus di interseksi Au Co – Xuan Dieu
  • Au Co – Lac Long Quan (468 Au Co)
  • VAECO Company
  • Noi Bai Aiport Terminal 1 (Penerbangan Domestik)
  • Noi Bai Aiport Terminal 2 (Penerbangan Internsaional).

Rute Bus 86 dari Noi Bai Airport ke pusat kota Hanoi:

  • Noi Bai Aiport Terminal 1 (Penerbangan Domestik)
  • Noi Bai Aiport Terminal 2 (Penerbangan Internsaional)
  • VAECO Company
  • Au Co – Lac Long Quan (523 Au Co str)
  • Au Co – Xuan Dieu stop
  • Halte bus di interksi Yen Phu – Cua Bac
  • Long Bien Transpoint station
  • 142 Tran Quang Khai (Old Quarter area)
  • Hanoi Opera House
  • Hanoi Melia Hotel
  • Hanoi Train Station.

 

2. Airport Taxi

  • Menggunakan Taksi Bandara

taksi bandara noi bai hanoi
image from www.vietnamonline.com

Taksi bandara merupakan alternatif kedua yang bisa kalian gunakan untuk perjalanan ke Old Quarter. Di bandara Noi Bai Airport Hanoi, sangat mudah sekali buat menemukan taksi bandara. Ketika kalian keluar dari gate kedatangan bandara, sudah banyak taksi yang berjejer. Di Bandara Noi Bai Hanoi terdapat tiga perusahaan yang menyediakan layanan taksi, yaitu Viet Thanh taxi, Noi Bai airport taxi, dan Dai Nam taxi. Gue tidak menyarankan untuk menggunakan provider taksi diluar dari 3 provider taksi yang gue sebutkan sebelumnya. Hal ini untuk mengantisipasi adanya supir taksi yang jahil, seperti menggunakan argo kuda.

Para driver taksi akan menghampiri kalian dan menanyakan tujuan. Biasanya mereka menawarkan tarif tetap ke berbagai lokasi di Hanoi, dan sudah termasuk tol. Sekali jalan dari Noi Bai Airport menuju lokasi tujuan di Hanoi, biasanya mereka menetapkan harga sekitar 15-18 USD atau sekitar 350,000-450,000 VND. Tapi kalian sebisa mungkin bertanya detail mengenai tarif yang mereka tawarkan, agar perjanjian yang dilakukan dengan driver taksi lebih clear.

Jika kalian traveling rombongan bareng teman-teman ataupun keluarga, taksi bandara mungkin bisa jadi pilihan tepat. Selain bisa cost-sharing, waktu perjalanan pun bisa di tempuh dengan cepat, sekitar 40 menit menuju Old Quarter. Selain itu, kalian pun bisa langsung menuju hotel ataupun lokasi tujuan kalian.

Sedangkan jika kalian dari pusat kota Hanoi menuju bandara Noi Bai, tarif yang ditawarkan biasanya lebih murah, sekitar 10-13 USD atau sekitaran 250,000-300,000 VND.

 

3. Shuttle Bus Service

  • Menggunakan Shuttle Service dari Hotel

Ketika kalian melakukan online booking hotel di Agoda maupun di Booking.com, biasanya para penyedia layanan hotel menawarkan jasa shuttle service dari maupun ke bandara Noi Bai Hanoi. Tarif yang ditawarkan biasanya lebih mahal dibandingkan dengan tarif taksi bandara, sekitar 20-25 USD sekali jalan. Namun kalian akan merasa aman dan nyaman, terutama bagi kalian yang baru pertama kali traveling ke Vietnam.

 

  • Menggunakan Shuttle Bus Service dari Vietnam Airlines maupun VietJet Airlines.

Vietnam Airlines maupun VietJet Airlines telah lama menyediakan transfer bus antar-jemput dari maupun menuju Bandara Noi Bai Hanoi. Kalian tidak perlu terbang dengan 2 maskapai penerbangan asal Vietnam ini untuk menggunakan jasa shuttle bus-nya. Namun kalian harus mengikuti rute perjalanan dari masing-masing shuttle bus 2 maskapai penerbangan ini, dan kemungkinan kalian harus menggunakan taksi/grab lagi untuk sampai ke Old Quarter. Hal ini dikarenakan rutenya tidak ada yang langsung drop di Old Quarter.

Vietnam Airlines Shuttle Bus Service
transportasi dari bandara noi bai ke old quarter
image from hanoiairportshuttle.com

Biasanya Vietnam Airlines menggunakan van mini dengan 16 kursi untuk transfer bus antar-jemput dari maupun ke Noi Bai Airport Hanoi. Interval waktu keberangkatan biasanya sekitar 30-45 menit, dari jam 4 pagi sampai jam 9 malam. Tarif yang ditawarkan sekitar 40,000 VND per kursi, sekali jalan. Kalian dapat dengan mudah menemukan shuttle bus ini jika kalian terbang dengan Vietnam Airlines karena dijadwalkan mengikuti penerbangan maskapai Vietnam.

Shuttle bus milik Vietnam Airlines ini memiliki rute perjalanan dari sepanjang Jembatan Nhat Tan – Vo Nguyen Giap – Noi Bai Road. Jika kalian dari bandara menuju pusat kota Hanoi dan ingin diturunkan di sepanjang rute diatas, kalian tinggal meminta langsung ke supir maupun asistennya.

Namun jika kalian dari pusat kota Hanoi ingin pergi menuju bandara, kalian harus pergi ke 1 Quang Trung street, Hoan Kiem, Hanoi (dekat dengan danau Hoan Kiem), sebagai lokasi pick-up nya.

VietJet Airlines Shuttle Bus Service
transportasi dari old quarter ke bandara noi bai hanoi
image from hanoiairportshuttle.com

Sama seperti Vietnam Airlines, layanan shuttle bus dari VietJet memiliki tarif 40,000 VND. Interval keberangkatannya lebih lama, sekitar 1-2 jam, dari jam 4 pagi sampai jam 9 malam. Biasanya VietJet menggunakan bus dengan sekitar 40 kursi dalam transfer bus dari maupun menuju Noi Bai Airport Hanoi.

Layanan shuttle bus Vietjet Airlines ini memiliki rute sebagai berikut:

Pusat kota Hanoi – bandara Noi Bai

Trần Nhân Tông – Quang Trung – Trần Hưng Đạo – Yên Phụ – Nhật Tân Bridge – bandara Nội Bài.

Bandara Noi Bai – pusat kota Hanoi

Bandara Nội Bài – Thăng Long Bridge – Hoàng Quốc Việt – Đào Tấn – Nguyễn Thái Học – Quang Trung – Trần Nhân Tông.

Jika kalian ingin menuju pusat kota Hanoi dari bandara Noi Bai, kalian bisa meminta diturubkan di tempat manapun pada rute yang telah ditetapkan. Jika hotel kalian di sekitar Old Quarter Hanoi, kalian bisa meminta diturunkan di Nguyen Thai Hoc atau jalan Quang Trung. Setelah itu kalian bisa naik taksi ke hotel Anda.

Jika kalian mau menuju bandara dari pusat kota Hanoi, kalian harus pergi ke lokasi pick-up nya di jalan 69 Tran Nhan Tong atau 180 Pham Van Dong, Hanoi.

Kalian bisa mengikuti cerita perjalanan gue selama di Vietnam di artikel berikut:

9 Hari Traveling ke Vietnam: Dari Utara ke Selatan

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *