Liburan Akhir Pekan di Kuala Lumpur & Petaling Jaya – Day 1

Liburan Akhir Pekan di Kuala Lumpur
Bagikan artikel:

Ketika sedang jenuh tingkat tinggi, gue kadang suka iseng ngchat teman diluar kota untuk mengunjungi dia dan sekaligus jalan-jalan dadakan. Awal September 2016, gue ngchat ke dua teman gue yang bekerja di Jogja dan Petaling Jaya, Malaysia. Keduanya merespon baik akan rencana kedatangan gue. Tapi pada akhirnya gue lebih memilih liburan akhir pekan di Kuala Lumpur dan Petaling Jaya, karena awal Oktober merupakan hari-hari terakhir teman gue di Malaysia dan bakal melanjutkan kerja di Indonesia saja. Alasannya sih karena dia sudah penat kerja di Malaysia selama 2 tahun terakhir.

Oh iya, teman gue ini namanya Reggy. Dia merupakan teman komunitas dan juga teman main sewaktu masih kuliah di Bandung. Dulu dia sempat mengajak main ke Malaysia bersama teman komunitas yang lain, tapi waktu itu gue tidak bisa ikut. So, saya memanfaatkan kesempatan ini, untuk mengetahui bagaimana kehidupan sehari-hari di Malaysia.

Hari Pertama – Petaling Jaya

Jalan-jalan kali ini gue ditemani Jerry, adiknya Reggy. Dia berangkat langsung dari Bandung, dan rencananya kita bakal bertemu di KLIA2. Kami memilih keberangkatan pagi, agar kami bisa mempunyai waktu untuk berkeliling di Petlaing Jaya. Pada waktu itu, pesawat yang saya tumpangi mendarat di terminal KLIA. Untuk menuju kesana, gue menumpangi kereta KLIA transit yang hanya menghabiskan waktu perjalanan 2 menit. Harga tiketnya pun tergolong murah, seharga 2 MYR.

Setalah bertemu, kami pergi menuju loket bus di KLIA2 untuk melanjutkan perjalanan. Kami memesan tiket bus seharga 15 MYR dengan tujuan Mall One Utama, Petaling Jaya. Kita merencanakan untuk menghabiskan waktu disana, sambil menunggu jam pulang kantor teman gue.

Sky Bus tujuan Mall One Utama

Perjalanan menuju One Utama memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Sesampai disana, kami langsung mencari tempat makan, karena kami belum sarapan sama sekali. Kami membeli makanan di KFC, masing-masing memesan paket kombo. Paket kombo disini tergolong lebih murah dibandingkan dengan di Indonesia. Paket kombo yang berisikan ayam, nasi, dan softdrink hanya memiliki harga 7.50 MYR atau sekitar 23,000 IDR. Jika Anda menyukai makanan yang pedas, gue saranin untuk bawa sambal sendiri ke Malaysia karena sambal khas Malaysia bisa dibilang mempunyai rasa asam manis. Untungnya pada waktu itu Jerry membawa sambal sendiri dari Indonesia.

Setelah perut terisi, kami langsung mengelilingi setiap sudut One Utama, dari area rekreasi sampai ke area belanja. Saat mengelilingi One Utama, ada satu area yang gue suka, yaitu Rainforest. Bisa dibilang Rainforest ini merupakan hutan mini yang berada di tengah mall, karena adanya pepohonan yang rimbun dan beberapa kolam ikan. Area ini sangat cocok untuk beristirahat ketika Anda sudah lelah berjalan.

liburan akhir pekan di Kuala Lumpur
Rainforest One Utama (www.1utama.com.my)

Setelah puas mengelilingi One Utama, kami melanjutkan perjalanan menuju kantor teman gue di Persiaran Zaaba, Kuala Lumpur. Dari halte bus One Utama, kami menaiki bus umum nomor D800, rute Damansara. Hanya memerlukan waktu sekitar 15-20 menit, kami sudah sampai di jalan Persiaran Zaaba.

liburan akhir pekan di Petaling Jaya
Persiaran Zaaba Pedestrian

Sambil menunggu Reggy pulang kerja, kami pun berkeliiling sebentar di sekitaran Persiaran Zaaba. Daerah sini tergolong sepi dan kendaraan yang berlalu-lalang pun tergolong sedikit (mungkin masih belum jam pulang kantor). Pedestrian pun tergolong bersih dan parkiran mobil tertata rapih. Setelah puas berkeliling, kami pun rehat di halte bus di depan kantor teman kami.

Waktu sudah menunjukkan jam 6 sore. Kami masih menunggu di halte bus, sambil melihat kendaraan berlalu-lalang dan pedagang kaki lima yang sedang membereskan dagangannya. Yang gue suka dari pedagang kaki lima disini ialah mereka mempunyai izin untuk berdagang di pinggir jalan dan selalu membersihkan tempat/jalanan yang mereka pakai setelah mereka berdagang. Kami pun sempat diberi makanan sisa jualan mereka saat kami sedang duduk di halte. Lumayan untuk cemilan malam.

Setelah itu, kami pun bertemu dengan Reggy. Kami pun sempat diajak intermezzo dengan bosnya. Reggy langsung mengajak kami untuk ikut merayakan farewell party dia di Boat Noodle, Jaya One. Kami berangkat menggunakan mobil rekan kerjanya Reggy, Hakim. Total ada 10 orang yang ikut acara perpisahan ini.

Teman baru di Malaysia

Sesampai di lokasi, kami pun langsung bertemu dengan rekan-rekan kerja Reggy yang lain yang menggunakan mobil berbeda. Kami pun saling berkenalan. Ada beberapa dari mereka berasal dari Indonesia juga, salah satunya ialah Dikdik, yang berasal dari Tebet, Jakarta. Dia tergolong anak baru di kantor teman saya, dia baru 7 bulan berada di Malaysia. Kami pun berbincang mengenai kampung halaman dia.

Selagi kami berbincang, Reggy memesankan semua menunya, agar pas melakukan pembayaran dia ga kecolongan. Boat Noodle ini menyediakan makanan otentik Thailand, yang dimana menu utamanya ialah Thai Boat Noodle. Thai Boat Noodle sendiri memiliki porsi yang kecil, gue sendiri bisa menghabiskan 6 mangkok boat noodle. Selain itu kami memesan Roti Sangkaya, Thai Popeye’s Tempura, dan Thai Ice Tea. Overall, Makanan disini tergolong enak, favorit gue yaitu Roti Sangkaya yang memiliki rasa seperti roti rasa srikaya.

Artikel Terkait :
[Review] Boat Noodle – Jaya One, Petaling Jaya

Eat and Talk! Begitulah tema sepanjang malam itu. Sebagian besar obrolan yang diceritakan ialah nostalgia hal-hal lucu yang mereka lakukan dulu saat kerja. Adapun keluh kesah saat dimarahi Bos di kantor. Karena keasyikan ngobrol, tidak terasa kita sudah menghabiskan waktu hampir 2 jam di Boat Noodle, sampai tempatnya mau tutup.
Waktu sudah menunjukkan jam 10 malam, Reggy pun melakukan photo bersama untuk terakhir kalinya bersama rekan-rekan kerjanya. Kami pun diantarkan pulang lagi oleh Hakim menuju kontrakan Reggy yang berada di Persiaran Zaaba.

Begitulah hari pertama gue di Petaling Jaya. Berkeliling, menunggu, makan, dan mendapatkan teman baru.

Kalian bisa baca juga keseruan solo traveling gue ke Melaka Malaysia di artikel berikut :