7 Wisata Kuliner di Surya Kencana Bogor

wisata kuliner khas bogor di suryakencana
Wisata kuliner khas Bogor memiliki banyak pesona. Kalian bisa mencoba wisata kuliner di Surya Kencana Bogor, karena terdapat beberapa penjual makanan, dari pedagang jajanan kecil sampai resto sederhana yang menawarkan berbagai macam makanan. Berbagai makanan tersedia disini, terdapat makanan halal dan non-halal, dari soto mie Bogor sampai bakmi Medan. Jalan Surya Kencana memiliki jalur satu arah menuju Jalan Siliwangi, yang dimana pintu masuknya berada di persimpangan dekat gerbang utama Kebun Raya Bogor, Pasar Bogor. Berikut berbagai wisata kuliner khas Bogor yang kalian tidak boleh lewatkan ketika mengunjungi kawasan Surya Kencana.

1. Bakmi Aloi (non-halal)

wisata kuliner khas bogor - bakmi aloi
Bakmi Medan Lois (sendokransel.wordpress.com)

Menurut penuturan dari blogger Sendok Ransel, cita rasa dari Bakmi Aloi memiliki rasa agak manis namun gurih, dimana tekstur mienya  halus serta sedikit berminyak. Jumlah daging yang dikasih cukup banyak, lumayan untuk mengisi perut hingga kenyang. Harga satu porsi bakmi sekitar IDR 23,000 – IDR 38,000
(sendokransel.wordpress.com)

Baca Juga: Panduan Lengkap Wisata di Bogor

Lokasi : Jl. Surya Kencana No. 260, Bogor Tengah, Bogor

2. Soto Mie Ciseeng (non-halal)

wisata kuliner khas bogor - soto mie ciseeng
Soto Mie Ciseeng (foodrooter.blogspot.co.id)

Foodrooter sempat menyinggahi dan mereview salah satu soto mie non-halal ini. Kuah soto mie berasal dari kaldu tulang babi dan tanpa MSG. Soto mie Ciseeng berisikan lobak, bakut, urat,babat, serta daun bawang yang di goreng, yang menjadikan Soto Mie Ciseeng ini sangat lezat. Satu porsi soto mie Ciseeng seharga IDR 30,000.
(foodrooter.blogspot.co.id)
Lokasi : Jalan Suryakencana No. 280, Bogor Tengah, Bogor

3. Soto Kuning Pak Yusup

wisata kuliner khas bogor - soto kuning pak yusuf
Soto Kuning Pak Yusup (travel.kompas.com)

Hasil kunjungan dari Kompas Travel, soto kuning ini memiliki ciri khas kuah kuning yang kaya rempah, yaitu kunyit, serai, dan lengkuas. Selain itu soto kuning ini memiliki ciri khas lain, yaitu tidak menggunakan mi dan berisikan penuh bagian sapi. Di dalamnya terdapat berbagai macam pilihan isi, baik rebus maupun goreng, seperti empal, otak, limpa, paru, iso, daging, babat, kikil hingga lidah. Kisaran harga satu porsi soto kuning Pak Yusup sekitar IDR 20,000 – IDR 30,000, tergantung isian yang dipilih.
(travel.kompas.com)
Lokasi : Jl. Suryakencana No.287, Bogor Tengah, Bogor

Artikel Serupa :
101 Hotel SuryaKancana Bogor [Hotel Review]
3 Concept Cafe yang Instagramable di Bogor

4. Toge Goreng Ibu Evon

wisata kuliner khas bogor - toge goreng ibu evon
Toge Goreng Ibu Evon (banyumurti.net)

Blogger Banyumurti pernah mengunjungi dan mereview makanan satu ini. Toge  dicampur dengan mie kuningan, potongan tahu dan potongan kupat. Yang memegang peranan penting adalah bumbu olahan tauco dan oncom yang diguyurkan setelahnya. Satu porsi toge goreng Ibu Evon sekitaran IDR 12,000
(banyumurti.net)
Lokasi : Jl. Surya Kencana, Gudang, Bogor Tengah, Kota Bogor

5. Lumpia Basah Pak Alen

wisata kuliner khas bogor - lumpia basah pak alen
Lumpia Basah Pak Alen (doyankuliner.com)

Menurut pengamatan dari Doyan Kuliner, lumpia basah ini sudah legendaris yang dimana Pak Alen sudah berjualan sejak tahun 1972. Salah satu ciri khas lumpia basah ini ialah cara masaknya masih menggunakan arang bakar, sehingga ada rasa otentik tersendiri. Bahan-bahannya cukup sederhana yaitu tahu goreng yang sudah dipotong-potong, bengkoang, telor dan tauge. Satu porsi lumpia basah ini memiliki harga sekitar IDR 12,000.
(doyankuliner.com)
Lokasi : Jl. Surya Kencana (sebrang Soto Mie Ciseeng) Bogor

6. Ngo Hiang Gg. Aut (halal dan non-halal)

wisata kuliner khas bogor -ngo hiang gang aut
Ngo Hiang (kuliner.panduanwisata.id)

Menurut penuturan dari Panduan Wisata, Ngo Hiang ini terbuat dari daging yang digulung dan digoreng dengan tepung. Gulungan daging ini biasanya panjang, sehingga saat dihidangkan akan dipotong-potong terlebih dahulu. Ngo Hiang Gang Aut selain menyediakan Ngo Hiang daging babi juga menyediakan Ngo Hiang daging ayam. Ngo Hiang goreng disajikan bersama saus khusus. Anda juga dapat memesan Ngo Hiang  dengan potongan tahu dan kentang. Satu porsi Ngo Hiang seharga IDR 21,000.
(kuliner.panduanwisata.id)
Lokasi : Jalan Surya Kencana, 309 A, Sukasari, Bogor

7. Asinan Bogor Gedung Dalam

wisata kuliner khas bogor - asinan bogor
Asinan Bogor Gedung Dalam (travel.kompas.com)

Hasil penulusuran Travel Kompas, asinan khas kota bogor ini terbagi 2 macam, asinan buah dan asinan sayur. Asinan buah terdiri dari potongan buah-buahan yang direndam dengan air gula. Ada pepaya, kedondong, bengkoang, jambu, ubi, salak dan beberapa buah lainnya. Sedangkan asinan sayur terdiri dari campuran sayur segar tanpa direndam dengan air apapun seperti kol, timun, wortel, dan toge.
(travel.kompas.com)
Lokasi : Jl. Siliwangi No.27C, Sukasari, Bogor

[Bonus] Jajanan Kecil di sekitaran Gang Aut

Di sekitaran Gang Aut dan Jl. Suryakencana, terdapat banyak pedagang kaki lima yang menjual makanan, seperti soto mie (halal), laksa bogor, soto bogor, dan toge goreng. Selain itu terdapat jajanan kecil lainnya yang bisa dicemil, seperti combro, bir kocok, es cincau hijau, kue ape, es podeng, es doger, ketan bakar dan lain lain.
Lokasi : Gang Aut, Jl. Suryakencana, Bogor Tengah, Bogor

Yuk! Ikuti tips dan panduan lainnya mengenai wisata di Bogor di link bawah ini :

Bogor Stories


Lokasi

Jl. Suryakencana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat

Sharing ke temanmu

Leave a Reply