8 Wisata Kuliner di Melaka Dekat Jonker Street

Wisata Kuliner Melaka Malaysia

Melaka memiliki latar belakang sebagai bekas jajahan Portugis, Belanda, dan Inggris, sehingga hal ini membuat Melaka kaya akan budaya dan sejarah, seperti terdapat beberapa bangunan bergaya arsitektur Eropa, rumah adat khas Melayu, dan beberapa tempat wisata menarik lainnya di Melaka. Selain wisata sejarah, Melaka pun menjadi salah satu destinasi favorit wisata kuliner bagi turis lokal maupun internasional, banyak sekali makanan enak khas Melaka di dekat Jonker Street. Berikut daftar wisata kuliner Melaka yang gue rekomendasikan di dekat Jonker Street :

1. Chicken Rice Ball

wisata kuliner Melaka - chicken rice ball

Chicken rice ball merupakan salah satu wisata kuliner Melaka yang paling populer. Chicken rice ball merupakan makanan oriental yang sering dikaitkan dengan nasi Hainan, makanan khas Malaysia dan Singapura. Bentuk seperti bola merupakan menjadi pembeda dengan nasi Hainan. Selain itu chicken rice ball berisi olahan daging ayam yang hampir mirip dengan lemper kalau di Indonesia, bedanya yaitu jenis beras buksn ketan dan tentu bentukan yang bulat. Chicken rice ball biasanya disajikan dengan potongan ayam yang lembut. Di Jonker Street, banyak sekali yang menjual chicken rice ball, kalian bisa mencoba memakannya di Hoe Kee atau Chung Wah Cafe. Nama pertama yang gue sebut, gue sangat recommended karena Hoe Kee ayamnya sangat lembut dan jarang ada tulang.

Lokasi Hoe Kee
468, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia (klik untuk lihat maps)

Lokasi Chung Wah Cafe
18, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia

2. Nyonya Laksa

wisata kuliner Melaka - nyonya laksa
source : gomelaka.my

Laksa merupakan makanan berjenis mie yang kaya akan bumbu dari rempah-rempah maupun cabe. Salah satu makanan khas Melaka ini berasal dari kebudayaan Peranakan, yang digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Bagi yang belum tahu, terdapat perbedaan antara Nyonya Laksa dan Kari Laksa. Kaldu Nyonya Laksa disiapkan dengan menggunakan ayam dan udang, sedangkan kari laksa hanya menggunakan kaldu ayam saja. Minyak berbintik merah atau oranye diatas Nyonya Laksa berasal dari udang, yang memberi rasa kuahnya lebih kaya dan gurih. Kalian bisa mencoba Nyonya Laksa di Nancy’s Kitchen atau Jonker88.

Lokasi Nancy’s Kitchen
13, Jalan KL 3/8, Taman Kota Laksamana, 75200 Melaka, Malaysia (klik untuk lihat maps)

Lokasi Jonker 88
88, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia

3. Duck Noodle

wisata kuliner Melaka - duck noodle
Source : applefoodees.com

Tengkera Duck Noodle Restaurant merupakan salah satu restoran yang terkenal dengan duck noodle-nya yang bercitra rasa Melaka. Ada dua jenis duck noodle yang disediakan disini, yaitu duck noodle versi kuah dan kering. Kuah biasanya dipisah dengan mangkuk kecil. Menurut gue, duck noodle kuah disini cukup enak juga, gue dulu di Thailand pernah coba juga yang versi kering. Tapi itu tergantung dari preferensi pribadi tiap orang, lebih suka mi versi kuah atau kering. Kuahnya cukup pekat dengan warna agak coklat-kehitaman.

Lokasi Tengkera Duck Noodle Restaurant
Jalan Kota Laksamana 1/2, Taman Kota Laksamana, 75200 Melaka, Malaysia (klik untuk lihat maps)

4. Jajanan dan Makanan Ringan Khas Melaka

wisata kuliner Melaka - jajanan dan makanan ringan Melaka

Kurang afdol jika kalian ke Melaka tapi tidak mengunjung salah satu pasar malam di Melaka satu ini. Jonker Street night market biasanya dilaksanakan di penghunjung akhir pekan, dari hari Jumat sampai Minggu. Jonker Street nigh market ini menjadi salah satu main attraction di Melaka, banyak turis lokal maupun internasional mengunjungi pasar malam satu ini. Disini banyak sekali jajanan dan makanan ringan yang dijual, dari jajanan khas Tionghoa, Melayu, sampai jajanan khas Indonesia pun ada, seperti popiah, dimsum, dan onde-onde. Jangan lupa untuk coba coconut ice shake dan es potong khas Melaka untuk meredakan lelah dan pelepas dahaga ketika kalian lelah berjalan mengelilingi tempat wisata menarik di Melaka.

Kalian bisa lihat daftar jajanan apa aja yang ada di Jonker Street night market disini :
8 Jajanan dan Makanan Melaka di Jonker Street Night Market

Lokasi Jonker Street Night Market
75200 Malacca, Malaysia (klik untuk lihat maps)

5. Tandoori Chicken and Naan

wisata kuliner Melaka - tandoori chicken and naan

Tandoori chicken merupakan salah satu makanan khas India dan Pakistan, yang dimana ayam dipanggang dengan campuran rempah-rempah dan yoghurt. Nama Tandoori sendiri berasal dari alat panggangnya yang berbentuk silindris dan dari tanah liat, tandoor. Jadi Tandoori chicken diolah dengan cara tradisional. Biasanya Tandoori chicken sering dipadukan dengan Naan, roti ragi panggang, menawarkan rasa berasap dari tandoori dengan sedikit bekas gosong. Jangan lupa, Naan nya kalian celup ke kari agar rasanya lebih kaya. Pak Putra Tandoori and Naan merupakan salah satu restoran Tandoori favorit yang selalu penuh tiap malamnya. Kalian bisa coba memesan Tandoori chicken yang dipadu dengan naan rasa cheese.

Lokasi Pak Putra Tandoori and Naan
56, Jalan Taman Kota Laksamana 1, Taman Kota Laksamana, 75200 Malacca, Malaysia (klik untuk lihat maps)

6. Satay Celup

wisata kuliner Melaka - satay celup
source : myexpressbus.com

Kalau di Indonesia, kalian pasti kenal sate kan? Yang berbeda disini ialah metode makannya, sate dicelup ke sebuah panci panas mendidih yang dipenuhi bumbu, sebelum kalian menyantapnya. Satay celup menyediakan berbagai macam makanan, seperti seafood, daging dan sayuran. Satay Celup terbaik ada di Capitol Satay. Antrian yang panjang bisa membuat kalian bosan menunggu dan beberapa orang mungkin tidak menyukai rasanya tapi bagi gue, enak dan layak untuk ditunggu.

Lokasi Capitol Satay
41, Lorong Bukit Cina, Bandar Hilir, 75100 Melaka, Malaysia (klik untuk lihat maps)

7. Cendol

wisata kuliner Melaka - cendol
source : therakyatpost.com

Siapa sih yang ga kenal cendol? Salah satu dessert tradisional asal Indonesia pun ada di Melaka loh. Ini mungkin karena kita masih mempunyai beberapa kesamaan budaya Melayu dan dulu pas jaman penjajahan orang Jawa pernah berdagang di Melaka loh. Seperi pada umumnya, cendol Melaka juga terbuat dari es serut, santan kelapa, cendol hijau yang ditambah dengan rasa pandan dan gula aren. Bahan lainnya seperti kacang merah, beras ketan, rumput jeli, krim jagung, juga bisa disertakan. Bagi kalian yang penasaran dengan bedanya rasa cendol Melaka dengan cendol Indonesia, kalian bisa mengunjungi Jonker88 untuk mencobanya.

Lokasi Jonker 88
88, Jalan Hang Jebat, 75200 Melaka, Malaysia (klik untuk lihat maps)

8. Nyonya Kuih

wisata kuliner Melaka - ondeh ondeh

Nyonya Kuih (kuih adalah istilah untuk kue Melayu) adalah makanan penutup berukuran kecil yang berwarna-warni dimakan sebagai camilan. Beberapa ada yang dikukus, dan beberapa ada yang dipanggang tapi kebanyakan semuanya manis. Nyonya Kuih yang terkenal ialah Ondeh-ondeh (atau onde-onde). Kalian orang Indonesia pasti taulah onde-onde kaya gimana bentuk sama rasanya? Onde-onde terbuat dari ubi jalar atau tepung beras ketan, yang diisi dengan Gula Melaka (gula merah) atau gula aren dan kemudian digulung dengan beberapa kelapa parut segar. Bedanya dengan onde-onde Indonesia, kuih buah Melaka bentuknya lebih kecil, hanya sekitar 3/4 dari ukuran onde-onde Indonesia. Kalian bisa menemukan berbagai Nyonya Kuih atau jajanan khas Melaka di Jonker Street night market ataupun Nancy’s Kitchen.

Lokasi Jonker Street Night Market
75200 Malacca, Malaysia (klik untuk lihat maps)

Lokasi Nancy’s Kitchen
13, Jalan KL 3/8, Taman Kota Laksamana, 75200 Melaka, Malaysia

Yuk ikuti keseruan solo traveling gue ke Melaka Malaysia di artikel berikut :

Sharing ke temanmu

2 Replies to “8 Wisata Kuliner di Melaka Dekat Jonker Street”

  1. Gak jauh beda dengan masakan di Indonesia, mungkin rasapun sedikit sama dengan di Indonesia. 🙂

    1. Iya betullll.
      Banyak makanan khas Melaka yang sama dengan Indonesia, kaya onde-onde sama sate.

Leave a Reply