9 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi

wisata kuliner jogja

Jogja tidak hanya mengenai wisata budaya dan sejarah saja, berkunjung ke Kesultanan Yogyakarta dan ratusan candi yang agung. Kalian pun bisa mendapatkan pengalaman wisata kuliner Jogja, baik dari makanan tradisional khas Jogja sampai kafe hits yang ada di Jogja. Berikut rekomendasi tempat wisata kuliner Jogja yang bisa kalian kunjungi :

1. Klinik Kopi

kafe hits di jogja

Bagi kalian yang pernah nonton film AADC pasti tahu mengenai salah satu kafe hits di Jogja ini. Klinik Kopi berada di bagian utara kota Jogja, tepatnya di daerah Ngaglik Sleman. Jika kalian pecandu kopi, Klinik Kopi merupakan tempat yang cocok untuk dikunjungi. Kalian akan melihat cara penyajian kopi dengan manual brew, selain itu kalian akan diajari mengenai teknik penyeduhan maupun tentang sejarah kopi. Kadang kalian akan ditanya mengenai jenis kopi yang disukai.

Selain kopi, disini tersedia juga light meal dan cemilan yang bisa menemani kalian saat berbincang dengan sahabat kalian. Kafenya sendiri sangat unik, karena sangat terbuka dan membuat sirkulasi udara ke dalam kafe sangat bagus. Enaknya kesini sewaktu sore menjelang malam, karena kehangatan kopi sangat berarti ketika kalian sedang menikmati quality time dengan sahabat.

Lokasi

Jl. Kaliurang KM. 7.8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Sinduharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

(klik untuk buka maps)

2. House of Raminten

tempat wisata kuliner di jogja

House of Raminten mengusung konsep tradisional khas Jawa baik dari dekorasi sama kostum pelayannnya. Musik tradisional khas Jawa akan mengiringi waktu kalian makan, yang tentunya akan menambah nuansa tradisional. Menu makanan yang di sajikan di House of Raminten sangat bervariasi, dari makanan khas Jawa, Indonesia sampai lightmeal ala western food agar masih bisa dimakan oleh wisatawan dari luar. Harganya pun relatif terjangkau untuk seukuran restoran tradisional di Jogja.

Tidak ada salahnya kalian untuk berkunjung ke House of Raminten untuk mencoba sensasi makan di ambience tradisional jawa. Gue saranin kalian memilih menu dengan cermat, boleh saja kalian mencoba-coba makanan yang tergolong unik, tapi bisa saja makanan tersebut kurang cocok di lidah kalian.

Lokasi

Jalan Faridan Muridan Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224

(klik untuk membuka maps)

 

3. Ayam Geprek Bu Rum

kuliner khas jogja

Jangan salah loh dengan penampilan warung tenda khas Ayam Geprek Bu Rum. Jika kalian sudah mencoba satu suap ayam gepreknya saja, bisa membuat kalian ketagihan. Ayam Geprek ini memang lagi hits di Jogja maupun di kota manapun seperti Jakarta, apalagi buat kalian yang doyan makanan pedas. Perpaduan antara pedasnya cabe dan krispinya fried chicken akan membuat lidah kalian bergoyang.

Ayam Geprek Bu Rum sekarang sudah memiliki banyak cabang di Jogja, tapi untuk cabang utama nya berada di Jalan Wulung Lor, Papringan Depok, Yogyakarta. Tempat makan ini lebih populer di kalangan pelajar dan mahasiswa Jogja, karena selain enak dan mengenyangkan perut, harganya pun sangat terjangkau. Gue jamin, kalian akan merasa satu piring ayam geprek tidaklah cukup untuk memuaskan perut kalian. Dengan hanya membawa uang sebesar 10 ribu IDR aja, kalian bisa menikmati sajian makanan di Ayam Geprek Bu Rum.

Baca Juga : Objek Wisata Alam di Jogja Bernuansa Adventure

Selain itu, terdapat beberapa lauk yang bisa menemani Ayam Geprek ini seperti tempe, sayur, tahu dan telur. Kadang-kadang Ayam Geprek ini selalu habis sebelum jam tutupnya, oleh karena itu gue sarankan kalian datang lebih cepat untuk merasakan sensasi makan ayam geprek yang lagi hits di Jogja. Biasanya jam buka Ayam Geprek Bu Rum dimulai jam 10 pagi hingga malam, tergantung stok makanan mereka sudah habis atau belum.

Lokasi

Jl. Wulung Lor, Papringan, Caturtunggal, Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia

(klik untuk buka maps)

 

4. Sate Klathak Pak Pong

wisata kuliner jogja
info-jogja.com

Apa sih yang membedakan sate klathak dengan sate-sate yang lain? Sate Klathak biasanya menggunakan jeruji sebagai tusuk satenya, selain itu potongan dagingnya oun berukurannya pun jumbo. Satu porsi sate klathak terdiri dari 2 tusuk sate, jadi jangan heran kalau harga per tusuknya pun berbeda dengan sate biasanya.

Sate Klathak Pak Pong menyediakan 2 jenis bumbu, yaitu sambal kecap rawit dan kuah gulai pedas. Gue sendiri lebih suka memakai sambal kecap rawit karena rasanya lebih kaya dibandingkan kuah gulai. Oh iya, kalian juga bisa request untuk tingkat kematangan sate nya. Gue saranin untuk meminta tingkat kematangan yang well done, agar aroma rasa kambingnya tidak terlalu terasa. Satu porsi sate klathak memiliki harga sekitar 15 ribu IDR.

Jam buka Sate Klathak Pak Pong biasanya dimulai dari jam 10 pagi sampai malam. Selain itu sate klathak, disini juga menyediakan berbagai olahan dagin kambing lain, seperti sate kambing biasa, dan tongseng kambing. Jangan lupa untuk memakan sate klathak didampingi dengan kerupuk putih, agar bisa memanjakan lidah kalian dengan sensari gurih dan renyah.

Lokasi

Jalan Imogiri Timur Km. 10, Wonokromo, Pleret, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791, Indonesia

(klik untuk buka maps)

 

5. Oseng Mercon Bu Narti

wisata kuliner di jogja
gotravelly.com

Oseng-oseng Mercon, dari namanya juga udah terdengan menakutkan. Bagi kalian penikmat makanan pedas, tidak ada salahnya mencoba Oseng Mercon Bu Narti. Kalian harus bersiap-siap merasakan lidah kalian terbakar akan pedasnya oseng-oseng satu ini.

Walaupun Oseng Mercon Bu Narti ini berupa warung tenda di pinggir jalan ala pedagang kaki lima, tapi jangan salah dengan pelanggannya yang selalu ramai di malam hari.  Oseng-oseng mercon ini terdiri berisi potongan tetelan daging sapi, kikil, kulit alias krecek, dan juga tulang muda. Selain itu,  cabai rawit dan biji cabai memenuhi didalam oseng-oseng mercon ini. Kalian harus siap sedia air minum yang banyak, agar menetralisir rasa pedas.

Kalian harus menyiapkan uang sebesar 15 ribu – 20 ribu IDR untuk menikmati lezatnya oseng-oseng satu ini. Bagi kalian kalian yang tidak kuat dengan pedasnya oseng mercon, warung Bu Narti menyediakan juga menu lain seperti ayam, burung puyuh, ataupun lele.

Lokasi

Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262, Indonesia

(klik untuk buka maps)

 

6. Gudeg Yu Djum

wisata kuliner di jogja
travel.kompas.com

Gudeg merupakan kuliner asli khas Yogyakarta berupa sayur nangka muda yang memiliki rasa manis. Tidak semua orang terbiasa makan makanan manis, oleh karena itu gudeg biasanya selalu disertai krecek, sambal, dan lauk agar memiliki rasa yang lebih bervarian.

Lauknya sangatlah bervariasi, tergantung dengan pilihan kalian, seperti telur rebus yang sudah dibumbui, tahu, tempe, suwiran daging ayam, ampela ati, dan potongan bagian ayam. Biasanya Gudeg Yu Djum menggunakan ayam kampung sebagai lauk pendampingnya, oleh karena itu rasa yang dihasilkan lebih gurih dan nikmat.

Kalian bisa menikmati gudeg Yu Djum juga di rumah, karena kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh. Biasanya Gudeg Yu Djum menyediakan kemasan khusus berbentuk wadah botol kecil, untuk pelanggan yang ingin membawa pulang gudeg maupun krecek. Gudeg Yu Djum memiliki banyak cabang di kota Yogyakarta, tapi yang memiliki rasa otentik terletak di Jalan Wijilan Nomor 167 Selatan Plengkungada.

Lokasi

Jalan Wijilan No. 167, Kraton, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131, Indonesia

(klik untuk buka maps)

 

7. Bakmi Mbah Mo

bakmi khas jogja

Nah ini dia, salah satu kuliner rekomendasi dari gue bagi para penikmat bakmie. Bakmie Mbah Mo ini bisa dibilang sangat populer loh, walaupun tempatnya sangat sederhana. Banyak para pengunjung yang datang dari luar kota. Walaupun jam buka Bakmi Mbah Mo ini buka jam 5 sore, tapi kendaraan para pengunjung sudah penuh aja di parkiran sebelum jam buka.

Seperti bakmie khas Jawa pada umumnya, Bakmie Mbah Mo ini menyediakan 3 jenis bakmie, yaitu bakmie goreng, bakmie nyemek, dan bakmie godog. Bakmi gorengnya terlihat lebih kesat dan tidak berminyak, dipadu suwiran daging ayam kampung dan bulir telur yang melapisi bakmie. Sedangkan kuah dari bakmi godog terlihat lebih creamy, yang merupakan hasil perpaduan dari aneka bumbu, kuah kaldu, dan telur bebek.

Berbeda dengan bakmi Jawa pada umumnya yang memiliki rasa sedikit manis karena tambahan kecap, Bakmi Mbah Mo ini memiliki rasa asin-gurih. Satu porsi bakmi Mbah Mo memiliki harga disekitaran 15 ribu – 20 ribu IDR.

Lokasi

Jalan Parangtritis KM. 11, Code, Trirenggo, Bantul, Trirenggo, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55715, Indonesia

(klik untuk buka maps)

 

8. Angkringan Lik Man

angkringan di malioboro

Angkringan merupakan salah satu wisata kuliner khas di Jogja dan sudah masuk menjadi budaya khas Jogja. Angkringan biasanya menjadi tempat berkumpul dan mengobrol tentang apa saja bagi penduduk Jogja. Salah satu angkringan yang lumayan populer yaitu Angkringan Lik Man, yang didirikan sejak tahun 1969. Apakah kalian sudah lahir? Yang istimewanya, angkringan Lik Man buka 24 jam loh, udah semacam kaya McDonalds ya. Biasanya penjual melakukan shift kerja untuk waktu siang dan malam.

Angkringan Lik Man terletak di samping stasiun kereta Tugu, tidak jauh dari jalan Malioboro. Menu yang disajikan sama persis dengan angkringan pada umumnya seperti nasi kucing, aneka sate, dan aneka gorengan. Kopi Joss merupakan salah satu menu andalan di sini, memiliki rasa unik yang khas. Konon katanya, arang yang dicelupkan ke dalam kopi mamoou menetralisir kafein sehingga aman untuk pencernaan Anda.

Biasanya pada malam hari, Angkringan Lik Man padat dikunjungi anak-anak muda, khususnya pelajar dan mahasiswa Jogja. Angkringan Lik Man ini memang cocok untuk sebagai tempat ngobrol bersama teman sepanjang malam. Kalian hanya perlu menyiapkan uang sebesar 15 ribu – 25 ribu IDR saja untuk bisa menikmati Kopi Joss dan nasi kucing yang dilengkapi dengan aneka sate dan gorengan.

Lokasi

Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271, Indonesia

(klik untuk buka maps)

 

9. Abhayagiri Restaurant

wisata kuliner jogja

Abhayagiri merupakan salah satu kafe dan restoran yang lagi naik daun di Jogja, karena menawarkan pemandangan indah kota Jogja dengan latar belakang Gunung Merapi. Abhayagiri bisa dinobatkan sebagai kafe hits dan instagramable di kota Jogja, banyak pengunjung yang datang kesini rela membayar untuk mendapatkan photo yang bisa di pajang di Instagram feed.

Mt. Merapi in distance. . . #yuntiwajournal

A post shared by Yuntiwa R (@yuntiwa) on

Menu yang disajikan sangat beragam, dari kuliner khas Indonesia sampai western food. Soal rasa, kalian tidak akan kecewa. Namun harga yang ditawarkan lumayan pricy, makanan dari harga berkisar 40 ribu sampai 200 ribu IDR pun ada. Oleh karena itu, kalian harus siap untuk merogoh kocek yang lumayan besar demi mendapatkan pengalaman dan melihat cantiknya kota Jogja.

harga menu abhayagiri restaurant
mblusuk.com

Siang maupun malam, Abhayagiri menyajikan suasana yang mengesankan. Tapi alangkah baiknya kalian datang kesini saat sore menjelang malam, karena selain cuaca yang tidak terlalu panas, kalian pun bisa menikmati keindahan sunset kota Jogja. Kalau kalian ingin mendapatkan suasana romantis, malam hari merupakan waktu yang paling tepat untuk datang bareng si doi.

Lokasi

Sumberwatu Heritage Resort, Dusun Sumberwatu, RT. 02 / RW. 01, Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55511, Indonesia

(klik untuk buka maps)

Sharing ke temanmu

Leave a Reply