Boat Noodle – Jaya One, Petaling Jaya [Review]

boat noodle jaya one
Bagikan artikel:
Sewaktu berkunjung ke Petaling Jaya, teman gue mengajak jalan-jalan ke Jaya One. Dia mengajak gue buat mencoba makan di Boat Noodle. Boat noodle itu apa sih? Sebenarnya boat noodle merupakan mie khas Thailand, yang disajikan dalam porsi kecil. Pada mulanya para pedagang boat noodle ini berjualan di atas perahu di pesisir sungai. Mereka sengaja menyediakan porsi yang lebih kecil untuk menghindari tumpahan air kuah ketika ada gelombang air.
Semakin kesini, boat noodle ternyata makin digemari oleh banyak kalangan. Oleh karena itu, muncullah beberapa restoran maupun cafe yang menyajikan boat noodle sebagai menu utamanya, untuk memenuhi demand  tersebut dari berbagai kalangan. 
boat noodle jaya one
Suasana Boat Noodle menjelang tutup
Teman gue mengajak ke Boat Noodle buat ngerayain farewell party dia. Dia mengajak teman-teman kantornya juga, total ada 10 orang yang ikut. Dia sudah memesankan semua menunya, agar pas pembayaran dia ga kecolongan.
Menu pertama yang kita pesan, yaitu boat noodle. Satu mangkok kecil boat noodle memiliki harga 1.90 MYR atau sekitar 6000 IDR. Selain itu, kita bisa memilih jenis mie yang mau dimakan, topping, dan juga kuahnya. Untuk pilihan mie terdapat rice noodle dan egg noodle. Untuk toppingnya, pilihannya ada ayam dan juga daging sapi. Sedangkan untuk kuahnya, ada rasa Pathumthani dan Ayutthaya.
boat noodle jaya one
Tengah : Boat noodle rasa Pathumthani
Kiri : Boat noodle rasa Ayutthaya
Pada umumnya, rasa kuah mie Thailand memang asam dan sedikit manis. Oleh karena itu, gue menambahkan sedikit bubuk cabe agar terasa pedas dan menetralkan rasa asamnya. Kuah Pathumthani dan Ayutthaya memiliki perbedaan rasa. Kuah Ayutthaya berwarna lebih gelap dan pekat, rasanya pun lebih kuat karena mengandung herb khas Thailand yang lebih banyak. Sedangkan kuah Pathumthani memiliki warna kecoklat-coklatan. Gue sendiri lebih suka makan boat noodle dengan kuah Pathumthani, karena kandungan herbnya sedikit dan tidak membuat mual walaupun makannya banyak.
Walaupun boat noodle memiliki porsi yang kecil dan hanya menghabiskan 2 suapan tiap mangkoknya, gue hanya bisa menghabiskan 6 mangkok saja. Itu hampir setara dengan 2 porsi mangkok bakso khas Indonesia. Setelah makan boat noodle, biasanya para pelanggan suka menyusun mangkok-mangkok menjadi tower. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi pelanggan, dan menjadi viral di social media.
boat noodle jaya one
6 stack of bowls
Selanjutnya, teman gue memesan Thai Popeye’s Tempura, atau bisa disebut bayam goreng, yang memiliki harga 6.90 MYR. Bayam goreng ini didampingi dengan sambal khas, yang rasanya hampir mirip dengan sambal kacang yang encer. Menu ini lebih enak dimakan selagi hangat.
Thai Popeye’s Tempura
Thai Popeye’s Tempura

Untuk dessert, teman saya memesan roti Sangkaya, yang memiliki harga 6.90 MYR. Roti Sangkaya ini bisa dibilang roti kukus yang didampingi dengan sejenis selai berwarna hijau. Rasa selainya sendiri hampir mirip dengan rasa sarikaya. Rasanya pun sangat enak, apalagi dimakan selagi hangat.

Roti Sangkaya
Roti Sangkaya
Tidak afdol rasanya, jika memakan makanan khas Thailand kalau tidak ditutup dengan minum Thai Ice Tea. Thai Ice Tea ini disajikan dalam sejenis tumblr, yang dimana pelanggan bisa membawanya pulang, CMIIW. Mungkin ini bisa dibilang free marketingnya dari Boat Noodle, pelanggan bisa membawa tumblrnya yang ada logonya kemana pun. Thai Ice Tea ini memiliki harga 6.90 MYR.
Thai Ice Tea boat noodle
Thai Ice Tea
Bagi yang ingin mencoba makanan khas Thailand, Boat Noodle patut untuk dicoba!
Total Harga Makanan
Thai Boat Noodle : 6 x 1.90 = 11.40 MYR
Thai Popeye’s Tempura : 6.90 MYR

Roti Sangkaya : 6.90 MYR

Thai Ice Tea : 6.90 MYR
Total :  32.10 MYR / ~ 100.000 IDR
 
 
Lokasi
Jaya One, 100-P2.033 The School No., 72A,
Jalan Universiti, Pjs 13, 46200 Petaling Jaya, Selangor, Malaysia

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *