Menjajal Kuliner Khas Vietnam di Hoi An Ancient Town

minuman khas vietnam
Bagikan artikel:

Hoi An merupakan kota kuno yang terletak di provinsi Quang Nam, bagian tengah Vietnam. Kota ini diakui oleh UNESCO sebagai salah satu World Heritage pada tahun 1999, karena merupakan bekas kota pelabuhan dan pusat perdagangan di Asia Tenggara pada abad ke 16-17. Tidak seperti kota tetangganya, Da Nang, yang sangat terbuka akan modernisasi dan urbanisasi, entah mengapa Hoi An masih mempertahankan old vibes nya. Kalian bisa merasakan pengalaman hidup masa lampau disini, yang dimana Hoi An masih mempertahankan arsitektur tua yang bergaya China, Jepang, dan Vietnam. Selain dari arsitekturnya, disinipun kalian bisa mencoba jajanan dan makanan tradisional khas Vietnam. Sambil asik mengeksplorasi fotograpi di Hoi An Ancient Town, kalian bisa menyempatkan untuk wisata kuliner di Hoi An dan menjajal makanan lokal yang belum pernah kalian temukan di Indonesia.

1. Cao Lau (Pork Noodle)

makanan khas Vietnam di Hoi An
Photo by Charles Haynes

Cao Lau merupakan mie khas Vietnam non-halal yang dicampur potongan daging babi dan sayuran organik lokal, dari perkebunan Hoi An – Tra Que village. Dari penuturan blogger justgola, rasa dan teksturnya sangat unik karena menggunakan air dari sumur Cham, yang memiliki mineral yang berbeda dari air pada biasanya. Saat ini, Cao Lau memiliki beberapa varian yang bisa dipadukan dengan udang atau ayam, dan tambahan herbs. Harga satu mangkok Cao Lau sekitar 25,000 – 30,000 VND.

Dimana kalian bisa menemukan Cao Lau?

  • Thanh Cao Lầu, 26 Thai Phien st. Buka jam 7 pagi sampai 7 malam.
  • Mrs. Ha Cao Lầu, Stall E035 di Pasar Tradisional Hoi An Market. Buka jam 7 pagi sampai 6 sore.

2. Banh Mi (Vietnamese Sandwich)

banh mi vietnam halal
Photo by spoonacular.com

Banh Mi merupakan sejenis sandwich khas Vietnam yang menggunakan roti Baguette, yang dipengaruhi oleh budaya Prancis yang dibawa ke Vietnam pada saat perang. Roti Baguette membantu meningkatkan crispy dan kerenyahan dalam setiap gigitannya. Banh Mi berisi berbagai sayuran acar, mayones, sambal, ketumbar, rempah-rempah, cabe segar, dan beberapa jenis daging atau telur.

Kalian bisa menoba memesan Bahn Mi Ga (Chicken Banh Mi) ataupun Banh Mi Trung Op La (Fried Egg Banh Mi), untuk Banh Mi yang non-babi. Satu potong Banh Mi dihargai sekitar 20,000 – 25,000 VND.

Ada sejumlah kios Banh Mi di Hoi An yang gue rekomendasikan:

3. Bánh bao bánh vạc (White Rose Cake)

wisata kuliner di Hoi An
Photo by misstamchiak.com

Kue mawar putih kecil ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan udang cincang atau babi cincang, dan diikat ke atas agar terlihat seperti mawar putih kecil. Ditaburi dengan bawa goreng, agar meningatkan kelezatan dari kue tradisional Vietnam ini. Kalian bisa celupkan ke sambal khusus yang tersaji agar lebih meningkatkan citra rasanya. Yang unik adalah koki harus merendam tepung beras dengan air 10 kali agar membuat kue ini kuat dan lengket. Harga satu porsi Bánh bao bánh vạc ini sekitar 70,000 VND.

Kalian bisa mencoba Bánh bao bánh vạc ini di Bông Hồng Trắng (White Rose) Restaurant, 533 Hai Ba Trung st. Restoran ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam.

Baca Juga : Oleh-oleh Cemilan Khas Vietnam

4. Banh It La Gai (Traditional Rice Cake)

wisata kuliner di Hoi An Vietnam
Photo by misstamchiak.com

Kalian bisa temukan Banh It La Gai di Hoi An Market, yang dimana ada seorang wanita tua yang menjualnya di pintu masuk Hoi An Market. Ada dua jenis vietnamese traditional cake yang dijual, yaitu Banh It (berwarna hitam) dan Banh Phu The (kuning).

Banh It terbuat dari ketan dan kacang hijau, yang biasanya digunakan untuk persembahan dalam festival tahun baru lunar, hari jadi leluhur, pemakaman, dan upacara pernikahan. Sedangkan Bánh phu thê adalah makanan penutup Vietnam yang terbuat dari tepung tapioka, kelapa, dan berisi kacang hijau yang dibungkus oleh daun pisang/pandan. Makanan penutup tradisional ini pada umumnya digunakan untuk perjamuan pernikahan. Satu buah kue tradisional ini dihargai sekitar 5,000 – 10,000 VND, biasanya harga makanan ringan disini sudah terwesternisasi alias dinaikan jika yang beli adalah turis asing.

5. Com Ga (Chicken Rice)

wisata kuliner di Hoi An

Com Ga (chicken rice) merupakan makanan khas Vietnam bagian tengah. Kalian bisa menemukannya di kota Hue, Da Nang, ataupun Hoi An. Bedanya kalau di Hoi An, ayamnya dipotong kecil-kecil (disuwir) sehingga memudahkan kita memakannya. Sedangkan jika kalian di Da Nang, Com Ga dihidangkan dengan ayam gelonggan (hampir satu ayam penuh) dengan porsi yang lebih besar dengan harga yang lebih mahal.

Biasanya Com Ga khas Hoi An penuh akan sayuran herbs dan irisan daun bawang diatasnyadan dilengkapi dengan sup rumput laut, tauge yang diacar, dan sejenis saus ikan. Jika kalian yang masih belum terbiasa makan herbs yang sering disertakan di makanan khas Vietnam maupun Thailand, kalian bisa menyisihkannya di piring kosong. Satu porsi Com Ga dihargai 30,000 – 50,000 VND tergantung dari kedai penjualnya.

Kalian bisa menemukan Com Ga terbaik di Hoi An disini:

6. Bánh Khọt (Khọt Cake)

wisata kuliner di Vietnam Hoi An
Photo by hoianfoodtour

Bahan utama untuk kue ini adalah krim kelapa, kunyit, garam, daun bawang, dan tepung beras. Bánh Khọt ini digoreng menggunakan cetakan khusus,yang kemudian setiap cetakannya diisi setiap lubang tepung dan telur puyuh. Teksturnya sangat renyah ketika penjual memasaknya sampai kering dengan warna kekuningan. Biasanya, Bánh Khọt ini selalu disajikan dengan sayuran herbs dan juga saus ikan.

Satu porsi Bánh Khọt dihargai sekitar 15,000 – 20,000 VND. Kalian bisa menemukan penjual pedagang kaki limanya disini:

  • Mrs. Dung, berada di pojok jalanan diantara jalan Tran Cao Van & jalan Tran Hung Dao st. Penjual biasanya stand by pada jam 3 sore sampai 7 malam.
  • Mrs. Tuat, berada di jalan Tran Phu no. 2, dekat Hoi An Market. Penjual biasanya buka pada jam 3 sore hingga jam 7 malam.

7. Banh Xeo (Shrimp Pancake dan Crab Pancake)

wisata kuliner di Vietnam Hoi An
Photo by Pinterest

Banh xeo merupakan pancake tradisional khas Vietnam, yang terbuat dari tepung beras, air, dan bubuk kunyit. Banh xeo bisa disajikan untuk vegetarian ataupun berisi daging, tergantung preferensi individu. berisi sayuran ataubiasanya berisi udang, kepiting, ataupun daging babi. Pada umumnya banh xeo berisi daging babi atau udang, yang dilengkapi dengan bawang daun dan tauge. Banh xeo yang berasal dari Vietnam bagian tengah, biasanya disajikan dengan saus ikan yang memiliki rasa asam manis.

Satu porsi banh xeo biasanya diharga sektiar 25,000 – 30,000 VND. Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual banh xeo di Hoi An Night Market. Disini pun, kalian bisa melihat souvenir khas Vietnam yang bisa dibawa untuk oleh-oleh.

8.  Bam Vao Day Xem Cong Thuc (Vietnamese Shrimp Spring Roll)

makanan khas Vietnam

Bam Vao Day Xem Cong Thuc adalah makanan tradisional Vietnam yang biasanya berisi daging babi atau udang, yang dilengkapi dengan sayuran, bún (bihun), dan bahan-bahan lain, dan digulung dengan menggunakan bánh tráng (rice paper), atau semacam lumpia. Biasanya dihidangkan dengan saus khusus, yang memiliki rasa asam manis. Makanan satu ini dianggap sebagai hidangan pembuka yang sangat populer oleh para foodies di Vietnam.

Satu porsi Vietnamese shirmp spring roll memiliki harga sektiar 30,000 VND. Kalian bisa temukan penjualnya di Hoi An Night Market yang berada di distrik An Hoi, pada sore sampai malam hari.

9. Sweet Potato Cake dan Xoai (Mango Cake)

makanan khas Hoi An Vietnam
sweet potato cake (kuning)
mango cake (putih)

Di komplek Hoi An Ancient Town banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan kue tradisional Vietnam, seperti sweet potato cake dan mango cake (Xoai).

Sweet potato cake, atau sering juga disebut coconut cake oleh sebagian orang, merupakan kue yang berbahan utama ubi yang berbentuk lingkaran. Ubi biasanya ditumbuk terlebih dahulu, lalu dicampur dengan parutan kelapa, dan setelah itu dicetak. Rasanya hampir mirip dengan bola ubi di Indonesia, cuma kue nya tidak kopong dan dibakar terlebih dahulu.

Selain itu, kalian bisa menemukan kue tradisional Vietnam lain, yaitu mango cake. Walaupun disebut mango cake, kue ini bukan berbahan dasar buah mangga ataupun memiliki rasa mangga. Disebut mango cake karena bentuknya mirip dengan buah mangga, berbentuk lonjong. Mango cake ini memiliki rasa seperti kue mochi, cuma teksturnya lebih keras. Mango cake ini berisi kacang yang ditumbuk dan berasa manis, lalu ditaburi tepung dibagian luarnya.

Satu buah sweet potato cake dan mango cake memiliki harga masing-masing 10,000 VND. Banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual kue tradisional ini di kompleks Hoi An Ancient Town, tiap jalan pasti ada aja pedagang yang menawarkan kue tradisional Vietnam ini.

10. Banh Chuoi Thai (Banana Pancake)

wisata kuliner di hoi an

Banana pancake, atau di Vietnam sering di sebut Banh Chuoi Thai, merupakan salah satu jajanan populer di kawasan Asia Tenggara. Kalian pun bisa menemukan banana pancake ini beberapa night market di Thailand maupun Malaysia. Banana pancake memiliki bahan dasar potongan pisang kecil yang dicampur dengan adonan terigu, lalu dilumuri dengan susu kental manis. Kalian bisa memilih susu kental manis apa yang kalian suka, rasa cokelat atau rasa full cream.

Banana pancake ini bisa kalian temukan di Hoi An Night Market, yang biasanya sudah bisa kalian kunjungi dari jam 6 sore sampai jam 10 malam. Satu porsi banana cake memiliki harga sekitar 25,000 – 30,000 VND.

11. Chi Ma (Black Sesame Sweet Soup)

makanan khas Vietnam Hoi An

Mungkin waktu pertama kali, kalian merasa kurang enak melihat bentukan dan warna Chi Ma ini. Setelah kalian menyantapnya, pikiran aneh kalian pasti langsung hilang sama rasa manisnya. Sup manis ini terdiri dari beberapa bahan seperti wijen hitam, kelapa, tepung beras, dan gula. Satu mangkuk kecil Chi Ma ini dihargai 10,000 VND, harga yang sudah terwesternisasi yang ditujukan untuk para kaum turis dari luar negeri.

Kalian bisa temukan penjual Chi Ma ini di jalan Nguyễn Trường Tộ, depan Hoi An Cathedral. Biasanya penjual Chi Ma sudah stand by dari pagi hingga sore hari.

12. Sua bap/Sua ngo (Corn Milk)

minuman khas vietnam

Varian susu kedelai mungkin sebagian dari kalian sudah mencobanya. Di Hoi An banyak sekali restoran hingga kedai makan yang menjual varian susu rasa jagung. Jika kalian pernah makan eskrim jagung dari Aice, vendor eskrim lokal Indonesia, rasanya tidak terlalu beda jauh dari sana. Dulu gue mencoba corn milk ini ketika sedang makan Com Ga di Bà Buội’s Chicken Rice. Dulu gue sempat juga melihat corn milk ini dujual di kedai Banh Mi Phurong. Ataupun kalian bisa mencari susu jagung ini di beberapa warung kecil lainnya di Hoi An. Satu botol corn milk ini memiliki harga sekitar 10,000 – 15,000 VND.

13. Chè Dậu Dỏ (Red Bean Sweet Beverage)

minumah khas Vietnam

Chè merupakan istilah yang diberikan oleh Vietnamese terhadap minuman manis tradisional khas Vietnam, sup pencuci mulut, ataupun puding. Chè đậu đỏ merupakan es kacang merah khas Vietnam, yang dipadukan dengan santan kelapa dan juga gula sirup. Sangat cocok diminum ketika kalian sedang lelah berjalan mengitari Hoi An Ancient Town.

Satu gelas chè đậu đỏ memiliki harga sekitar 5,000 – 10,000 VND, tergantung dari siapa yang beli, apakah turis asing atau turis lokal. Untungnya gue dulu pas jalan-jalan di Hoi An, membeli es kacang merah ini dari seorang wanita paruh baya yang ramah. Dia pun tak sungkan memberikan harga es kacang merahnya dengan tarif lokal, sebesar 5,000 VND atau setara 3,000 IDR saja.

Kalian bisa menemukan penjual es kacang merah ini di komplek Hoi An Ancient Town. Kalau dari pengalaman gue sendiri, kalian bisa menemui penjual es kacang merah (wanita paruh baya) di jalan Trần Cao Vân, tidak jauh dari sebelah kiri Madam Khanh – “Banh Mi Queen”. Biasanya penjualnya sudah stand by dari jam 2 siang sampai 5 sorean (biasanya jualan pas jam pulang sekolah).

14. Chè Hạt Sen (Lotus Seed Sweet Beverage)

minuman khas vietnam

Selain chè đậu đỏ, kalian juga bisa menemukan minuman tradisional khas Vietnam lainnya di Hoi An, yaitu chè hạt sen, atau es biji lotus. Chè hạt sen ini terdiri dari biji lotus yang dicampurkan dengan sirup tradisional Vietnam. Biji lotus ini memiliki rasa dan tekstur yang hampir mirip dengan kacang Arab, yang biasa dibawa jemaah Haji sepulang dari ibadah umroh atau haji.

Kalian bisa temukan penjual chè hạt sen ini dikomplek Hoi An Ancient Town. Gue sendiri membeli es biji lotus ini dari pedagang kaki lima yang berada di jalan Lê Lợi, tepat di samping Hoi An Roastery – Center. Satu gelas chè hạt sen ini memiliki harga 10,000 VND. Biasanya jika kalian membeli makanan ataupun minuman di komplek Hoi An Ancient Town, harga yang diberikan penjual sudah terwesternisasi. 

Sebenarnya, kalian bisa temukan jajanan dan kuliner khas Vietnam lainnya yang dijual oleh pedagang kaki lima di Hoi An Night Market ataupun di komplek Hoi An Ancient Townnya. So selamat mengeksplorasi fotografi bangunan dan lantern di Hoi An Ancient Town, dan tentunya mencicipi makanan tradisional Vietnam dan wisata kuliner di Hoi An.

Bagaimana sih caranya dan transportasi menuju Hoi An Ancient Town ? Kalian bisa baca artikel gue berikut:
Cara dan Transportasi Menuju ke Hoi An Ancient Town dari Da Nang

Apakah kalian sedang mencari informasi dan tips traveling lainnya ke Vietnam? Lihat kumpulan artikel lainnya di Panduan Lengkap Wisata di Vietnam

You may also like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *